WaGoMu News

Ngobrol Seru seputar Lagu Indonesia yang digubah oleh HIROAKI KATO !

WaGoMu.id – Menjalani kehidupan di Negara baru yang berbeda tradisi dan budayanya bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi jika kita mencoba berkarir di negeri orang tersebut. Banyak sekali tantangan yang harus dilewati mulai dari perbedaan Bahasa, perbedaan selera, dan target pasar yang tentunya sangat berbeda. Tapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi Hiroaki Kato. Yup, lewat ketekunan dan semangat pantang menyerahnya, musisi yang berasal dari Jepang ini sukses berkarya di Tanah Air lewat lagu-lagu indahnya.

Ngobrol Seru seputar Lagu Indonesia yang digubah oleh HIROAKI KATO !

Hiroaki Kato Lahir di Tokyo, 9 Maret 1983. Hiro mulai mengenal negara Indonesia melalui karya sastra dari Indonesia. Melalui sastra Indonesia, akhirnya Hiro semakin tertarik mempelajari sastra Indonesia di Universitas Gajah Mada (UGM) di Yogyakarta pada tahun 2006. Hiro sudah berkarir di dunia musik Indonesia semenjak tahun 2005.

Beberapa waktu yang lalu team WaGoMu berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Hiroaki Kato untuk ngobrol santai dengan Hiro (sapaan akrabnya) mengenai karya-karya dari Hiro sekaligus membahas mengenai single terbarunya yang berjudul “Beda Selera”.

Single "Beda Selera" - Hiroaki KATO





Hiro merilis Music Video terbarunya yang berjudul "Beda Selara" di channel youtube pribadinya bertepatan dengan hari ulang tahunnya, yakni tanggal 9 Maret 2019. Di hari yang sama, diadakan juga Secret Show yang hanya diikuti oleh 20 orang terpilih melalui campaign Instagram yang dlakukan Hiro.

Lagu “Beda Selera” sendiri menceritakan mengenai makanan dan perdamaian antara pasangan yang mempunyai perbedaan selera. Sebenarnya lagu mengenai makanan Indonesia sudah terfikirkan oleh Hiroaki Kato semenjak Ia kuliah Bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2006. Dan akhirnya terlaksana dan dirilis pada tanggal 9 Maret 2019 kemarin.

Dalam Music video beda selera banyak sekali makanan-makanan Indonesia yang dimasukan kedalam lirik oleh Hiroaki Kato, mulai dari ketoprak, martabak, nasi padang, hingga makanan Indonesia yang paling disukai Hiro yaitu Tempe Mendoan. Bahkan pada video clip “Beda Selera” Tempe Mendoan menjadi makanan spesial dalam video tersebut sampai-sampai diberi efek ombak dan air mata kebahagiaan.

6 Lagu Indo yang diterjemahkan ke Bahasa Jepang oleh HIRO


もしもまたいつか - Moshimo Mata Itsuka (Mungkin Nanti - Ariel NOAH)

Hiro juga semakin terkenal berkat karyanya menggubah lagu “Mungkin Nanti” dari Peterpan menjadi “もしもまたいつか - Moshimo Mata Itsuka” yang dibawakan oleh Ariel Noah dan lagu tersebut berhasil viral di Indonesia dan di Jepang dengan lebih dari 18 juta Views. Selain lagu “Moshimo Mata Itsuka”, Hiro juga sudah sering menggubah Lagu Indonesia menjadi lagu berbahasa Jepang.

Ruang Rindu - Letto | Laskar Pelangi - NIDJI | Sepatu - TULUS

Lagu Indoneisa pertama yang digubah oleh Hiro adalah “Ruang Rindu” dari Noe Letto. Kemudian lagu “Laskar Pelangi” dari Nidji yang pernah Hiro bawakan secara Live. Yang ketiga ada lagu “Sepatu” dari Tulus yang digubah oleh Hiro dengan judul Bahasa Jepangnya "Kutsu".

心はすぐそばに (Kokoro Wa Sugu Soba Ni) | Dekat di Hati - RAN

Yang keempat ada lagu “Dekat di Hati” dari Ran yang digubah oleh Hiro menjadi 心はすぐそばに (Kokoro Wa Sugu Soba Ni). Yang kelima adalah lagu “Mungkin Nanti” yang digubah kedalam Bahasa Jepang menjadi “もしもまたいつか - Moshimo Mata Itsuka”. Satu lagu lagi yang digubah oleh Hiro adalah Hey cantik - Shaggy Dog namun belum sampai tahap rekaman.

Lagu “Ruang Rindu” menjadi lagu yang paling berkesan bagi Hiro karena menjadi lagu pertama yang Ia ubah ke versi Bahasa Jepang di tahun 2006. Belum lagi Noe Letto adalah sahabat dekatnya ketika Hiro kuliah di UGM. Selain Letto, musisi favorit Hiro adalah Tulus dan Ran yang pernah mengadakan konser bareng bersama Hiro di Jepang oleh WaGoMu.



Keakraban dan kesuksesan Hiro di Indonesia karena usahanya mempelajari budaya dan bahasa Indonesia. Hiro sudah belajar Bahasa Indonesia 15 tahun lebih, sehingga Ia bisa Lancar berbahasa Indonesia dan sukses berkarir di Indonesia. Menurut Hiro musisi Indonesia juga bisa sukses berkarir di Negara Jepang asalkan mau mempelajari Bahasa Jepang. Hiro melihat bahwa musisi Indonesia mempunyai potensi bagus untuk berkarya di Jepang karena mereka mempunya suara yang bagus dan melody making yang menarik.

Nah itulah sesi interview team #WaGoMu #JapaneseClass bareng Hiroaki Kato, seorang musisi dari Jepang yang sukses berkarir di Indonesia. Dari sosok Hiroaki Kato kita bisa mengambil pelajaran jika kita bisa menguasai Bahasa di suatu Negara, kita bisa sukses berkarya di Negara tersebut seperti Hiroaki Kato. Nah bagi temen-temen yang ingin belajar Bahasa Jepang secara menarik dan interaktif, kalian bisa tonton videonya di channel youtube WaGoMu Japanese Class yah. Ganbatte ne !






    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Hiburan)dari kategori yang sama
    Selamat Tidur Kirari Gen 1
    Selamat Tidur Kirari Gen 1(2019-02-25 11:38)

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Ngobrol Seru seputar Lagu Indonesia yang digubah oleh HIROAKI KATO !
      Komentar(0)