WaGoMu News

【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】

Akhir-akhir ini, berbagai perusahaan dari Jepang mulai pro-aktif berekspansi ke kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Banyak sekali perusahaan Jepang terutama dibidang industri manufaktur yang masuk ke Indonesia,bahkan sampai ke wilayah kabupaten di mana industri manufaktur berkembang.

Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan "Starts Indonesia" sebagai perusahaan yang membantu Expatriat (warga asing) di Indonesia.

Apa itu Starts Indonesia ?


【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】 Anda mungkin tahu tentang majalah perempuan Ozmagazine yang terkenal atau broker real estate Pitat House ?
Ozmagazine dan Pitat House keduanya merupakan bagian dari Starts Group yang kini terus mengembangkan bisnisnya ke berbagai bidang, Starts Group pada dasarnya bergerak dibidang Konstruksi, Manajemen & Agen Properti, Penerbit/Publikasi, Jasa Keuangan, Hotel, Support Layanan untuk Lansia dan lain sebagainya. Untuk Di luar Jepang mulai dari Asia bahkan sekarang ada di 33 kota di 21 negara berbeda, mereka menyediakan Layanan Jasa dari mulai membantu ekspansi perusahaan Jepang ke luar negeri, Hotel, sampai dengan sewa pabrik serta pengembangannya, dimana layanan ini pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan “Starts” yang ada di Jepang.

Kali ini kami akan memperkenalkan layanan 「PT. Starts International Indonesia」yang meliputi (Jasa pengenalan tempat tinggal bagi ekspatriat, pengenalan kantor dan sewa gudang serta penjualan properti terutama yang terkait dengan kawasan industri).

「Starts Indonesia」telah mengembangkan bisnisnya dengan berkantor di Jakarta sejak tahun 2010, dan telah memasuki tahun ke-6. Merupakan perusahaan agen properti yang menangani tempat tinggal expatriat dengan track record lebih dari 200 kontrak baru setiap tahunnya. Untuk saat ini, terhitung bulan Desember 2016 paling tidak mereka tengah mengelola sekitar 400 unit tempat tinggal.

Bagaimana cara Anda mencarikan tempat tinggal ketika ada Expatriat yang dipindah tugaskan ke Indonesia ?
Apakah Anda membiarkan mereka mencarinya sendiri ? Ataukah meminta bantuan kepada Perusahaan yang Profesional ?

Starts Indonesia adalah perusahaan yang membantu Expatriat untuk「Mencari tempat tinggal」yang diperlukan ketika ada ekspatriat yang ditugaskan dari Jepang ke Indonesia.

「Ingin Mendatangkan Staff Expatriat ke Indonesia ... Tapi Bagaimana sebaiknya Mencarikan Tempat Tinggal khusus untuk Expatriat ?」



【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】

Ketika mencari tempat tinggal, Ada kalanya terjadi "masalah yang tak terduga"...


Di Indonesia, pada umumnya Expatriat tidak dibiarkan mencari tempat tinggal sendiri, kebanyakan minta tolong kepada agen properti setempat. Akan tetapi, ada kalanya berpikir「Jika meminta bantuan agen, biayanya mahal.」「Mengapa tidak coba mencarinya sendiri ? Kalu tidak bisa, baru...」sehingga pada kenyataannya kadang terjadi masalah.
Contoh masalah :
①Ketika staff lokal di perusahaan yang mencarikan, adakalanya staff tersebut mendapatkan “kickback” dari broker sehingga biaya sewanya sudah dinaikan lebih mahal terlebih dahulu.

②Ada kalanya dicarikan properti yang harga sewanya lebih rendah dari yang dianggarkan, sedangkan selisih antara harga sewa aktual dengan anggaran tersebut dianggap sebagai biaya administrasi dan ditambahkan pada biaya sewa.

③Kebiasaan Property di Indonesia, Posisi pemilik biasanya lebih kuat daripada Posisi penyewa, ditambah lagi banyak agen property yang biasanya menerima komisi dari Pihak Pemilik. Sehingga ketika masalah terjadi setelah menempati hunian sekalipun, Agen Properti akan berdiri dipihak Pemilik dan pada akhirnya Penyewa yang harus menanggung beban「baik biaya maupun secara mental」.
※Catatan: Biaya Sewa biasanya harus dibayar sekaligus sesuai dengan kontrak sebelum hunian ditempati.「Seandainya kontrak dibatalkan ditengah karena ada masalah seperti kebocoran air」, atau「kontrak dibatalkan ditengah karena harus kembali ke Jepang sekalipun」,uang sewa yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.

④Penyewa kesulitan untuk menghubungi Pihak Pemilik setelah meninggalkan tempat tinggal yang disewa, Alhasil, uang deposit/jaminan pun tidak dibayarkan kembali.
※Catatan : Kalau di Jepang, ada Broker yang bertanggung jawab penuh ketika terjadi masalah, akan tetapi di Indonesia Pihak Pemilik dan Penyewa biasanya melakukan penandatanganan kontrak secara langsung, sehingga tidak bisa meminta pertanggung jawaban agen.

Dan beberapa masalah lainnya. Jadi, Apabila belum memahami kebiasaaan bisnis di Indonesia, dan mencari properti dengan pemikiran yang sama seperti di Jepang, kemungkinan besar Anda akan terlibat kedalam beberapa masalah yang tak terduga.

Disinilah... Peran「Starts Indonesia」yang memahami Indonesia, Muncul !!


【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】

「Starts Indonesia」secara konsisten memberikan layanan mulai dari arahan ketika pemilihan properti, Mendampingi ketika hendak menempati properti, after sales service selama ditempati, Mendampingi saat meninggalkan properti, bahkan sampai layanan pengembalian dana deposit/jaminan setelah meninggalkan properti tersebut. Dengan pengalaman yang dimiliki saat ini, mulai dari memilihkan properti dengan kualitas setara Jepang, bahkan layanan dengan kenyamanan lebih tinggi dari agen properti di Jepang, sehingga Layanan hospitality yang diberikan oleh Karyawan Starts Indonesia telah mendapatkan banyak kepercayaan dari berbagai perusahaan.

Tahapan sampai menempati Properti


【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】

1.Memilih properti
2.Pemeriksaan Kondisi / Negosiasi penambahan furnitur (Biasanya sudah dilengkapi furnitur dan peralatan rumah tangga, bisa diganti bila ada permintaan)
3.Membayar uang deposit senilai biaya sewa 1 bulan.
4.Tanda tangan kontrak.
5.Membayar uang sewa.
6.Pindahan ! (Perlu waktu sekitar 1 bulan setelah menentukan properti)
Tidak diperlukan Visa pada saat pembuatan kontrak. Pemeriksaan seperti di Jepang dan lain-lain juga tidak diperlukan.

Tenang, karena ada Layanan Menyeluruh setelah Pindahan


Apabila terjadi masalah, staff Starts Indonesia (ada Japanese speaker) yang akan pergi ke lokasi, mengatur dan memperkenalkan teknisi yang diperlukan, sehingga masalah bisa segera diatasi.
Selain itu, Setelah tandatangan kontrakpun, ada layanan after sales service yang berkelanjutan, serta adanya hubungan yang baik dengan pemilik dan pengelola properti pun membuat proses penyelesaian masalah berjalan dengan baik.

Point Penting ketika mencari Tempat Tinggal d Indonesia


【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】

Karena Jakarta memiliki tingkat kemacetan yang parah (situasi lalu lintas terburuk kedua di dunia), maka pemilihan lokasi menjadi sangat penting untuk memikirkan (bagaimana mempersempit area segitiga antara : lokasi kerja, tempat tinggal dan lokasi customer). Dan apabila ditugaskan dengan membawa keluarga, jarak ke sekolah anak pun menjadi hal yang penting.
Keamanan juga menjadi hal yang penting. Sejak adanya insiden tahun 2015 dimana seorang wanita Jepang tewas dibunuh didalam apartemen yang banyak ditinggali orang Jepang membuat pertanyaan terkait faktor keamanan semakin meningkat signifikan.
Starts Indonesia biasa memastikan jumlah staf keamanan yang berada di lokasi apartemen, berapa kali penggunaan kartu keamanan yang dibutuhkan di lokasi, dengan melihat langsung ke lokasi, melakukan survei yang terkait keamanan dengan cara tersendiri kemudian memberikan saran dan arahan pada saat pengajuan properti.

Selain itu, masalah yang sering terjadi di Apartemen Indonesia adalah peralatan yang kadang tidak berfungsi. Apakah support layanan betul-betul dilakukan ketika terjadi masalah, juga menjadi hal yang sangat penting.

Starts Indonesia melalui pengalamannya bertahun-tahun memberikan layanan after sales service, telah memiliki data terdahulu terkait masalah yang sering terjadi disetiap properti, sehingga dapat memberikan informasi ini pada saat memberi pilihan properti, supaya dapat meminimalkan stress ketika menempatinya dan berupaya memberikan tempat dan kehidupan yang nyaman.

Pada bulan Desember 2016 ini Starts Indonesia tengah melayani 3 ekspatriat Jepang yang berasal dari institusi keuangan, perusahaan trading, dan perusahaan manufactur besar dan membantu proses ekspansi perusahaan Jepang tersebut untuk masuk ke Indonesia.

Pendapat Costumer


Mr. T - 30`an - Membawa Keluarga - Institusi Keuangan :
Ketika ditetapkan untuk bertugas di Indonesia, awalnya Saya menggunakan agen properti Indonesia. Tetapi saat perpanjangan kontrak, kesulitan untuk menyampaikan suasana dan keinginan orang Jepang kepada orang Indonesia. Oleh karena itu, saya minta tolong kepada Staff Jepang Starts Indonesia yang bertanggung jawab langsung untuk memperantarainya. Alhasil, saya berhasil menemukan apartemen yang cocok dan sesuai keinginan saya dan istri.
Selain itu, after sales service yang ditangani dalam bahasa Jepang membuat rasa aman dan nyaman sehingga tidak menghabiskan banyak waktu untuk hal yang tidak begitu diperlukan.

Mr. M - 20`an - Lajang - Konsultan
Saat dipindahkan ke Jakarta, Saya khawatir dengan kehidupan di Jakarta karena dikenal sebagai salah satu kota paling macet di dunia. Dan berkat "Starts Indonesia" yang dikenalkan oleh seorang teman inilah Kekhawatiran tersebut langsung hilang.
Saya mendapat banyak informasi berguna, bukan hanya tentang properti, tetapi juga info titik kemacetan, pusat perbelanjaan, restoran terdekat dan lain-lain sehingga saya bisa segera mendapatkan hunian yang sesuai dengan harapan. Saya sangat berterima kasih kepada Starts Indonesia.

Mr. H - 40`an - Membawa Keluarga - Trading Company
Saya tahu PT Starts karena informasi dari bank. Selain hal keamanan, kelengkapan fasilitas dan pemeliharaan yang baik pun menjadi salah satu perhatian sehingga saya bisa menemukan properti yang memuaskan.
Karena belum terbiasa dengan kehidupan di Jakarta, saya sangat berterima kasih karena bukan hanya menjembatani komunikasi dengan pemilik properti dan pengelola saat awal-awal masuk saja, tetapi juga dapat bertanya mengenai tempat berbelanja serta kehidupan sehari-hari.

Pesan dari Staff "Starts Indonesia", Mr Katsuhiko Hoshi


Ekspansi merupakan hal yang disertai kekhawatiran. Terutama Asia yang notabene sistem hukum masih belum berjalan baik, kadang terjadi kecurangan, dan masih terdengar cerita「Harusnya tidak...」, dan lain sebagainya. Dengan berkonsultasi kepada kami, Kami akan membantu Anda mulai proses awal ekspansi, bukan hanya masalah properti, Kami juga dapat memberikan arahan terkait kehidupan dan bisnis sekalipun. Kami akan memberikan support bersama bagian bisnis internasional - kantor pusat yang ada di Jepang. Apabila diperlukan, kami bisa memperkenalkan perusahaan Jepang di bidang terkait.
Kami ada untuk membantu perusahaan Anda berekspansi ke Indonesia dengan resiko terkecil bahkan mendekati nol. Selain di Indonesia, jaringan Starts Group yang ada di berbagai Negara dan beberapa wilayah pun siap membantu. Kami tunggu konsultasi Anda dari awal sebelum memutuskan ekspansi ke Indonesia. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

■ Profile Perusahaan
Nama perusahaan : PT.STARTS INTERNATIONAL INDONESIA
Alamat : Midplaza 2 Building, 19 th Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav.10 - 11, Jakarta 10220, Indonesia
Kontens Bisnis :
・Bisnis Broker Properti・Real Estate (Sewa ・Jual)
Penawaran Properti seperti Tempat Tinggal, Kantor, Toko, Gudang, Pabrik
・Konsultan Badan Hukum
Mengelola / Memperkenalkan berbagai perusahaan profesional terkait Pendirian Perusahaan
TEL: +62-21-570-7632 (Support Bahasa Jepang)
Website: https://www.starts.co.jp/indonesia/






    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Info Bisnis)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    【Laporan Perusahaan】Menemukan Tempat Tinggal Ekspatriat dengan aman dan nyaman【Starts Indonesia】
      Komentar(0)