WaGoMu News

Mengenal Sepak terjang T-ta Paramadina dalam upaya melestarikan Kebudayaan Indonesia

WaGoMu.id - Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan adat dan tradisi yang begitu besar. Dengan kekayaan adat, tradisi atau budaya inilah Indonesia disebut sebagai negara pluralis terbesar di Asia. Tak heran jika untuk menyatukan itu semua Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Bukti kekayaan Indonesia ini terwujud dengan adanya berbagai kesenian khas daerah mulai dari lagu-lagu, tarian, sampai pakaian adat. Masing-masing memiliki nilai ciri atas daerah atau sukunya tersebut.

Mengenal Sepak terjang T-ta Paramadina dalam upaya melestarikan Kebudayaan Indonesia Jakarta sebagai Ibukota juga memiliki kesenian daerah sendiri. Karena Jakarta di dominasi suku Betawi, maka kesenian yang nampak adalah Ondel-Ondel, Tanjidor, Keroncong Tugu dan lain sebagainya. Ini menunjukkan bahwa tiap daerah atau tiap suku memiliki keberagaman tersendiri yang harus dijaga dan dilestarikan.

Salah satu upaya untuk melestarikan kesenian-kesenian khas daerah adalah dengan menjaga dan mengajarkan kesenian tersebut dari generasi ke generasi. Di Jakarta, ada sebuah komunitas yang konsen akan hal tersebut. Namanya adalah T-ta Paramadina. T-ta Paramadina merupakan komunitas yang didirikan oleh seorang mahasiswa Paramadina untuk menjaga dan melestarikan kesenian daerah yang ada di Indonesia. Tak hanya Jakarta, T-ta Paramadina juga mempelajari kesenian-kesenian daerah lainnya, terutama di ranah Tari. Konsentrasi T-ta Paramadina terhadap tari daerah telah menjadikannya dikenal oleh banyak orang. Beberapa hari yang lalu, T-ta Paramadina bahkan di undang dalam acara Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat BM PAN periode 2016-2021. Disana mereka tampil membawakan tarian Papua dan Gentheng.

Kegiatan dari T-ta Paramadina inilah yang kita sebut sebagai upaya menjaga dan melestarikan seni budaya Indonesia. Uniknya, mereka tak hanya mengajari mahasiswa Paramadina saja, melainkan juga kepada orang luar Paramadina itu sendiri. Sehingga T-ta ini dikenal sebagai komunitas tari daerah yang sifatnya terbuka.

Apa manfaat menjaga seni budaya Indonesia seperti yang dilakukan T-ta Paramadina ?

Sebagai warisan nenek moyang yang tak ternilai harganya kesenian daerah ini wajib untuk terus dijaga dan dilestarikan. Terlebih di era modern saat ini, hal yang berbau kedaerahan mulai dipalingkan dan pindah ke hal-hal yang berbau luar negeri. Selain menjadi suatu kewajiban untuk menjaga kesenian daerah Seperti yang dilakukan T-ta Paramadina dari mulai berdiri sampai sekarang mereka telah berkeliling ke berbagai negara untuk menampilkan seni tari Indonesia. Antara lain Dubai dan Prancis. Mereka juga berhasil menyabet juara pada berbagai ajang lomba di Indonesia.

Ini semakin membuktikan bahwa mempelajari dan menjaga kesenian tradisional Indonesia bukanlah sesuatu yang sia-sia, justru membawa banyak manfaat bagi kepentingan pribadi maupun negara. Dengan adanya komunitas seperti T-ta kita dapat memahami betapa kayanya seni budaya yang dimiliki Indonesia. Di Jakarta sudah ada Dewan Kesenian Jakarta, Salihara dan beberapa lembaga lainnya yang berkonsentrasi dalam melestarikan seni budaya Indonesia. Sehingga tak ada alasan untuk tidak belajar dan mengenal kembali seni budaya Indonesia.

Untuk yang ingin lebih mengenal T-ta Paramadina, mengenal kegiatan-kegiatan serta jadwal pentasnya, silahkan mampir ke akun Facebook T-ta Paramadina. Disana kita bisa menjumpai beragam kegiatan dan hasil penggung yang pernah ditampilkan. Untuk and yang ingin melihatnya secara langsung, silahkan datang saja ke Universitas Paramadina.

Inilah nilai yang bisa kita ambil dari sebuah komunitas yang eksis dalam upaya mempelajari dan menjaga seni budaya Indonesia. Meski zaman sudah modern, namun kekayaan seni budaya bukanlah sesuatu yang harus dilupakan. Justru di era globalisasi seperti saat ini, kemajuan teknologi dan komunikasi bisa kita gunakan untuk mengenalkan kekayaan budaya Indonesia pada dunia.




    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Info Komunitas)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Mengenal Sepak terjang T-ta Paramadina dalam upaya melestarikan Kebudayaan Indonesia
      Komentar(0)