WaGoMu News

Panduan Adaptasi Template untuk WaGoMu

Template Future Imperfect

WaGoMu merupakan blogging platform Indonesia yang saat ini tengah berkembang dan telah memiliki ribuan pengguna aktif di dalamnya. Dibalik fiturnya yang lengkap saat ini, masih banyak pengguna yang kesulitan untuk mengembangkan template-nya sendiri. Padahal, mengembangkan template untuk WaGoMu tidaklah sulit. Apalagi saat ini sudah banyak template gratis yang dapat langsung diadaptasi untuk blog WaGoMu kita. Lantas seperti apakah caranya?

Kuasai Dasar-Dasar HTML
HTML merupakan HyperText Markup Language yang menjadi kerangka halaman sebuah website seperti yang kita lihat saat ini. Sebuah kerangka tersebut memiliki header, body, footer, dan sebagainya. Ya, itu semua dibangun dengan HTML. Untuk memulai, cobalah kuasai dasar-dasar HTML terlebih dahulu.

Kuasai Dasar-Dasar CSS
CSS merupakan Cascading Style Sheet yang peran utamanya adalah mempercantik tampilan sebuah halaman website. Ya, tanpa CSS, halaman website yang ada tidak akan secantik saat ini. Itulah sebabnya kita harus mempelajari HTML dan CSS.

Kuasai Dasar-Dasar JavaScript
JavaScript dalam kasus ini sebenarnya tidak wajib untuk dikuasai. Namun, kekuatan JavaScript sangat luar biasa. Dengan JavaScript, sebuah halaman website dapat sangat interaktif. Contohnya saat bermain Facebook, kita dapat berkirim pesan langsung tanpa harus memuat ulang halamannya. Ya, JavaScript berada di tingkatan yang berbeda dari HTML dan CSS.

Pahami Struktur Template WaGoMu
Sebuah template untuk WaGoMu memiliki empat bagian yaitu style sheet, halaman utama, halaman artikel, dan halaman arsip. Style sheet merupakan tempat CSS kita untuk mempercantik tampilan blog. Halaman utama nampaknya sudah jelas. Halaman artikel merupakan tempat tulisan utama seperti yang Anda lihat saat ini. Halaman arsip merupakan halaman untuk menampilkan daftar artikel dengan label atau tag tertentu dan sejenisnya.

Pahami Syntax WaGoMu
Sadar atau tidak sebenarnya di halaman penyuntingan template WaGoMu terdapat sebuah tautan yang berisi referensi syntax untuk template WaGoMu. Ya, sayangnya menggunakan bahasa Jepang. Jangan khawatir! Versi yang sudah diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia akan kami lampirkan di artikel tutorial minggu depan. Atau, Anda dapat langsung melihatnya di halaman berikut. Ya, saat ini Anda dapat menggunakan Google Translate. Syntax ini pada dasarnya mirip dengan HTML.

Mulai Mengembangkan Template
Setelah semua persiapan di atas siap, kita dapat memulai untuk mengembangkan template kita sendiri. Sayangnya tulisan ini tidak akan membahas tutorial pembuatan template. Ya, tutorial tersebut akan dipublikasikan minggu depan. Sebagai permulaan kita akan mencoba mengadaptasi template gratis ke WaGoMu tanpa menghilangkan credit sang pembuat. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!




    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Teknologi)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Panduan Adaptasi Template untuk WaGoMu
      Komentar(0)