WaGoMu News

【Teknologi】 Kolaborasi Software Development dengan Git

Git merupakan salah satu tool yang secara tidak langsung wajib dikuasai oleh programmer. Karena, Git adalah tool yang sangat membantu dalam hal pengembangan software untuk suatu tim. Ya, Git membantu kolaborasi antar individu yang terlibat di dalam suatu proyek pengembangan software.

Git

Apa itu Git?


Git merupakan salah satu Version Control Software (VCS) yang populer. Git sebagai VCS muncul untuk menghapus kebiasaan saling timpa dalam suatu proyek. Hal tersebut tidak efisien karena apabila terjadi kesalahan kita perlu kerja ekstra untuk memperbaikinya. Berbeda dengan VCS layaknya Git. Kita dapat membuat sebuah branch atau cabang agar tidak mengganggu pekerjaan yang lain dan juga dapat dijadikan sebagai tempat eksperimen. Sehingga, apabila terjadi kesalahan, program utama yang terdapat di cabang utama (master branch) tidak akan terkena efeknya. Selain itu, Git mencegah adanya konflik berkas. Maksudnya, ketika ada berkas yang diubah oleh dua orang atau lebih Git akan memberikan peringatan konflik. Karena itu kita hanya perlu memperbaiki konflik dan tidak akan ada lagi kerja ekstra seperti masalah yang disinggung sebelumnya.

Kenapa Memilih Git?


Sebagian besar alasannya sudah dapat dilihat di atas. Ada banyak fitur dari Git yang belum disebutkan. Fitur lainnya adalah kita dapat memberikan tag atau label versi dari software kita. Selain itu, fitur penting seperti pull request dan code review juga tersedia.

Secara sederhana, pull request adalah fitur yang meminta pengurus proyek untuk melihat pekerjaan kita lalu memutuskan untuk ditambahkan atau tidak ke dalam proyek tersebut. Pull request berkaitan dengan code review karena dalam pull request pasti ada kegiatan code review. Ya, kita dapat melihat perbedaan sebelum dan sesudah dari setiap berkas yang ada di dalam pull request tersebut.

Contoh Layanan Git


Pada praktiknya GIt membutuhkan sebuah server untuk menyimpan proyek kita. Beruntung di luar sana ada banyak layanan gratis yang dapat kita gunakan untuk menyimpan proyek kita dalam bentuk repository. Beberapa di antaranya adalah GitHub dan GitLab.

Penutup


Git sangatlah penting, bukan? Untuk itu, mulailah segera pelajari karena Git adalah suatu keharusan di dunia software development saat ini. Tidak heran Git seringkali muncul sebagai salah satu requirement di dalam sebuah lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan development.

Catatan Atribusi


Lisensi gambar Creative Common Attribution 3.0 Unported License oleh Jason Long dan diambil dari git-scm.com







    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Teknologi)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    【Teknologi】 Kolaborasi Software Development dengan Git
      Komentar(0)