WaGoMu News

Preliminary Concert KPA3 menjelang Expand the Sound of Angklung ke-6 di Tokyo dan Kanagawa - Jepang

WaGoMu.id ~ Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam seni dan budaya yang melimpah, akan tetapi kepedulian terhadap kelestarian seni dan budaya tradisional dirasa masih sangat kurang. Bahkan karena anak-anak muda yang mau mempelajari seni dan budaya tradisional kian sedikit, tak ayal membuat seni dan budaya bangsa kian tersingkirkan dan terancam hilang. Seni dan Budaya memang benda mati, yang apabila tidak terus diwariskan kepada generasi selanjutnya, bukan tidak mungkin akan hilang tergerus zaman. Kemajuan sistem pendidikan serta teknologi yang kian canggih, kiranya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu metode pelestarian budaya Indonesia.

Ditengah kurangnya kepedulian terhadap Seni dan Budaya tradisional, ternyata ada sebuah organisasi bernama Keluarga Paduan Angklung SMA Negeri 3 Bandung atau biasa disingkat dengan sebutan KPA3 yang peduli dan terus mengembangkan kesenian berbasis alat musik tradisional - Angklung. Sebagai salah satu kegiatan Ekstrakurikuler, KPA3 saat ini menjadi pilihan ekskul favorite bagi siswa-siswi SMAN 3 Bandung. Program Unggulan Expand The Sound Of Angklung (ESA) pun berhasil membawa Angklung keliling Benua Eropa dan menjadi delegasi untuk melaksanakan misi Diplomasi Budaya diluar negeri.

Preliminary Concert KPA3 menjelang Expand the Sound of Angklung ke-6 di Tokyo dan Kanagawa - Jepang
(Pelepasan Delegasi KPA3 secara simbolik oleh Kementrian Pendidikan Republik Indonesia)


Preliminary Concert Expand the Sound of Angklung Sarasa Katha Avana


Tahun 2017 ini, untuk pertama kalinya program ESA akan merambah Asia Timur, tepatnya di Negeri Sakura. Dan sebelum menggelar konser tunggalnya di Kota Tokyo dan Kanagawa - Jepang pada tanggal 26 & 27 Agustus 2017 nanti, KPA3 menggelar Preliminary Concert Expand the Sound of Angklung Sarasa Katha Avana di Gedung Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajdaran pada hari jum`at 11 Agustus lalu. Salah satu tujuan konser ini adalah persiapan akhir untuk tampil di Jepang, serta sosialisasi sekaligus penggalangan donasi untuk mendukung kegiatan KPA3 nantinya.

Preliminary Concert KPA3 menjelang Expand the Sound of Angklung ke-6 di Tokyo dan Kanagawa - Jepang

Anda yang masih menganggap Angklung sebagai alat musik tradisional yang hanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu sunda atau lagu-lagu daerah di Provinsi Jawa Barat, sebaiknya membuka mata dan telinga Anda lebih lebar ketika menyaksikan Konser KPA3. Berkat ketekunan dan kegigihan pengurus serta anggota KPA3, Angklung ternyata bisa menampilkan sebuah pertunjukan Orkestra yang mewah. Tidak hanya lagu-lagu nusantara atau lagu melayu, tetapi berbagai jenis lagu dengan genre yang berbeda pun bisa disuguhkan dengan apik. Sebut saja lagu berjudul "Something Just Like This" yang dipopulerkan oleh The Chainsmoker dan Coldplay, Atau bahkan lagu Klasik karya Beethoven sekalipun dibawakan dengan sangat memukau.

Preliminary Concert KPA3 menjelang Expand the Sound of Angklung ke-6 di Tokyo dan Kanagawa - Jepang

Sarasa Katha Avana yang menjadi tema ESA sendiri memiliki makna "kisah yang indah" yang menceritakan Angklung sebagai penjaga Kebudayaan Nusantara. Iya, berkat kiprah KPA3 salah satunya, saat ini Angklung telah ditetapkan sebagai salah satu budaya warisan dunia yang dimilliki Indonesia. Anggota KPA3 tidak hanya mahir memainkan Angklung, paduan suara yang terdengar di beberapa lagu serta berbagai pertunjukan menarik seperti tarian tradisional dan tarian kontemporer pun disuguhkan dengan apik disela-sela konser. Parade tarian nusantara yang ditampilkan dengan iringan agklung dari KPA3 kian menambah rasa cinta dan bangga terhadap kebudayaan tanah air. Berikut beberapa cuplikan video yang diambil oleh WaGoMu ketika Preliminary Concert berlangsung.



Apa yang bisa anda ungkapkan selepas menonton cuplikan video diatas ?! Rasa Bangga dan Kagum kiranya layak kita ungkapkan untuk teman-teman KPA3 yang terus berjuang memperkenalkan Angklung ke seluruh penjuru dunia. Bukan hanya sebagai alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia, melainkan Angklung sebagai Alat Musik mampu berkembang sebagai kelompok Orkestra profesional dibawah naungan KPA3, ini merupakan hal yang patut diperjuangkan supaya mata Dunia kian terbuka. Dan yang terpenting adalah supaya generasi muda bangsa kita lebih peduli dalam melestarikan warisan seni dan budayanya sendiri.

Tanggal 26 & 27 Agustus 2017, KPA3 akan menggelar Konser Tunggalnya di Kota Tokyo dan Kanagawa, melalui tulisan ini Kami mengajak seluruh WNI baik itu pelajar, peserta magang ataupun yang saat ini telah bekerja dan menetap di negeri sakura untuk turut hadir menyaksikan kiprah KPA3 dan proaktif mengajak warga lokal untuk datang dan menonton konsernya secara langsung. Agustus adalah bulan dimana Negeri tercinta lahir, inilah saat yang tepat untuk membusungkan dada di tanah rantau sekalipun.

* Informasi lengkap mengenai Konser Expand The Sound of Angklung (ESA) di Jepang, bisa dilihat pada tulisan : Keluarga Paduan Angklung SMA Negeri 3 Bandung (KPA3) |ESA "Sarasa Katha Avana" 2017 di Jepang







    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Musik)dari kategori yang sama
    Selamat Tidur Kirari Gen 1
    Selamat Tidur Kirari Gen 1(2019-02-25 11:38)

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Preliminary Concert KPA3 menjelang Expand the Sound of Angklung ke-6 di Tokyo dan Kanagawa - Jepang
      Komentar(0)