WaGoMu News

Sosok Muda nan Inspiratif `Ica Zahra` alias `Fatimah Zahratunnisa`, dari Juara Menyanyi di Jepang sampai Peraih IPK terbaik di Sastra Jepang UNPAD

Nama Fatimah Zahratunnisa alias Ica Zahra mulai banyak dikenal sejak ia berhasil menjuarai salah satu lomba karaoke internasional di Jepang. Song For Japan, NODOJIMAN The World 2015 - Autumn adalah event karaoke yang waktu itu diikuti oleh Ica (sapaan akrab Fatimah Zahratunnisa). Event yang digelar secara on air oleh TV Nasional Jepang ini memang menjadi acara tahunan yang diadakan 2 kali setahun dan selalu menjadi perhatian seluruh warga jepang.

Bersama 12 Kontestan lain yang berasal dari 9 Negara berbeda, dan Ica adalah satu-satunya Kontestan yang mewakili Indonesia kala itu. Lagu Good Bye Days - Yui menjadi lagu pertama yang dibawakan ketika babak penyisihan dan berhasil membawa Ica ke babak Final yang menyisakan 5 Kontestan yakni dari Indonesia, Chile, Perancis, Brazil dan Amerika. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, Ica pun tampil maksimal di babak final dengan membawakan lagu berjudul Bluebird milik Ikimongo Gakari dan berhasil menjadi yang terbaik sebagai Juara 1 Lomba Karaoke NODOJIMAN The World 2015 - Autumn pada bulan September tahun 2015.

Sosok Muda nan Inspiratif `Ica Zahra` alias `Fatimah Zahratunnisa`, dari Juara Menyanyi di Jepang sampai Peraih IPK terbaik di Sastra Jepang UNPAD

Catatan Perjalanan Ica Zahra menuju NODOJIMAN The World 2015

Ica Zahra tercatat sebagai Mahasiswi Program Study Sastra Jepang Universitas Padjadjaran (UNPAD) - Jatinangor sejak tahun 2012. Bulan Agustus 2017 lalu Ica baru saja menyelesaikan study`nya dan meraih gelar Sarjana dari UNPAD. Kemudian Ica mengikuti program pertukaran pelajar untuk Tenri University di Kota Tenri - Prefektur Nara (Jepang) selama 1 tahun pada bulan Agustus 2014 s/d Agustus 2015.

Ica yang mengaku tidak bisa diam ini pun menarik perhatian dengan sikapnya yang supel dan mudah bergaul. Suatu hari, ketika ia pergi ketempat Karaoke bersama salah satu sahabat jepangnya, ia disarankan untuk mengikuti Lomba Karaoke NODOJIMAN The World yang bisa diikuti oleh orang Asing yang mampu menyanyikan lagu berbahasa jepang dengan baik. Karena penasaran, Ica pun langsung membuka smartphone`nya untuk mencari tahu tentang NODOJIMAN The World. Setelah ketemu, tanpa perlu menunggu Ica pun langsung mendaftarkan diri dengan mengisi form pendaftaran di situs NODOJIMAN The World.

Disebutkan bahwa lebih dari 6,000 Kontestan yang mendaftarkan diri melalui situs tersebut. Menurut Ica, melalui profile data termasuk akun media sosial (Youtube, dll) yang diinput ketika mengisi form inilah proses seleksi internal dilakukan oleh Team Lomba Karaoke NODOJIMAN The World. Oleh karena itu, untuk siapapun yang ingin mengikuti Lomba Karaoke NODOJIMAN The World, ada baiknya membuat portofolio terkait kemampuan menyanyi`nya di akun Youtube terlebih dahulu dan biarkan panitia men`stalking video yang pernah kita unggah. Kalau sudah rejekinya, pasti kita dihubungi sama mereka kok.

Ica Zahra dengan Dunia Musik`nya

Sosok Muda nan Inspiratif `Ica Zahra` alias `Fatimah Zahratunnisa`, dari Juara Menyanyi di Jepang sampai Peraih IPK terbaik di Sastra Jepang UNPAD

Kalau berbicara dunia musik, tidak ada yang meragukan kemampuan bernyanyi gadis cantik kelahiran Bandung 15 November 22 tahun silam ini. Anda yang sudah sering memutar video di Youtube Channel Ica Zahra barangkali sudah tahu kalau Ica juga mahir memainkan instrument Gitar Akustik. Namun tahukah Anda, ternyata Ica juga mahir bermain Violin lho. Bahkan karena telah lebih dulu mampu bermain violin, Ica sempat ditunjuk untuk memainkan Contra Bass ketika bergabung dalam grup Angklung di SMA. Konon chord pada Violin dan Contra Bass itu persis sama, hanya ukuran dan posisi alatnya saja yang berbeda. Minat Ica terkait musik sepertinya tak bisa dibendung, ia bahkan terus mempelajarinya dengan bergabung di salah satu sekolah musik yang ada di Bandung sejak tahun 2007 sampai dengan sekarang. Selama kuliah di Tenri University - Jepang pun, Ica sempat mempelajari alat musik tradisional jepang bernama Koto (sejenis Kecapi) dan pernah beberapa kali ikut tampil dalam pertunjukannya.

Ica Zahra dengan berbagai Prestasi Gemilangnya

Tak banyak yang tau kalau Ica Zahra alias Fatimah Zahratunnisa adalah seorang anak muda yang memiliki segudang prestasi. Menjadi juara Lomba Karaoke NODOJIMAN The World 2015 - Autumn pada bulan September tahun 2015 lalu hanyalah salah satunya. Sejak duduk di Bangku sekolah, Ica memang aktif berorganisasi. Ditengah kesibukannya mejadi ketua OSIS di SMAN 10 Bandung kala itu, Ica juga sempat membentuk sebuah band bernama ZEKKA dan sempat tampil di berbagai event.

Bidang akademik, Ica pernah menjadi delegasi Kota Bandung untuk Jenesys Programe – Japan tahun 2011. Tahun 2012, Ica terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat dan menjadi runner up pada Lomba Pidato Bahasa Jepang tingkat Nasional. Pada tahun yang sama, Ica mewakili Indonesia di Japanese Speech Award tingkat Asia Pasific yang digelar di Jepang. Menerima 2 beasiswa sekaligus ketika mengikuti program pertukaran pelajar, yakni beasiswa dari Tenri University dan beasiswa JASSO. Berprestasi dibidang musik tak berarti membuatnya lupa akan kewajibannya sebagai mahasiswa, IPK terbaik di Program Study Sastra Jepang UNPAD pun ia capai dengan IPK 4,00 pada tahun 2012, 2013, serta nyaris sempurna ketika ia menjadi yang terbaik dengan IPK 3,94 pada tahun 2015.

Profile Lengkap Ica Zahra alias Fatimah Zahratunnisa

Sosok Muda nan Inspiratif `Ica Zahra` alias `Fatimah Zahratunnisa`, dari Juara Menyanyi di Jepang sampai Peraih IPK terbaik di Sastra Jepang UNPAD
Nama Lengkap : Fatimah Zahratunnisa
Nama Panggilan : Ica Zahra
Tanggal Lahir : 15 November 1994
Sekolah : SMAN 10 Bandung - Jurusan Bahasa
Perguruan Tinggi : Lulus dari Sastra Jepang UNPAD 2017
Keterampilan :
・Bernyanyi
・Bahasa Jepang JLPT N2, beberapa kali menjadi Interpreter
・Menguasai alat musik Violin, Gitar, Angklung, Koto
・Menguasai Peacock Dance, Mask Dance, Saman Dance
Prestasi :
・Peraih IPK Terbaik beberapa kali di Fakultas Sastra Jepang UNPAD
・Juara 1 Lomba Karaoke NODOJIMAN The World 2015 di Jepang
Target Selanjutnya : Melanjutkan Pendidikan S2 di Jepang





    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Sosok Inspiratif)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Sosok Muda nan Inspiratif `Ica Zahra` alias `Fatimah Zahratunnisa`, dari Juara Menyanyi di Jepang sampai Peraih IPK terbaik di Sastra Jepang UNPAD
      Komentar(0)