WaGoMu News

Berlari di dataran tinggi sambil menikmati indahnya Alam Sunda di "West Java Eco Marathon"

WaGoMu.id - Jalan Kaki dan Berlari merupakan kegiatan olah raga yang paling murah karena bisa dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Namun, entah kenapa budaya berolah raga dengan berjalan kaki ataupun berlari ini masih banyak diabaikan oleh kebanyakan masyarakat indonesia. Polusi udara yang terlampau parah kadang dijadikan kambing hitam oleh orang-orang yang barangkali memang dasarnya tidak suka berolah raga. Menyadari hal ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang bekerja sama dengan Klik Plus Asia tengah berencana untuk menggelar West Java Eco Marathon. Berbeda dengan kebanyakan City Marathon yang sudah ada, West Java Eco Marathon akan digelar menyusuri running track di area pegunungan dengan ketinggian antara 1,100 s/d 1,750 mdpl.

Berlari di dataran tinggi sambil menikmati indahnya Alam Sunda di West Java Eco Marathon

Mengambil area di kawasan Pangalengan - Kabupaten Bandung, West Java Eco Marathon rencananya akan mengambil titik Start dan finish di Lapangan Tanara, Malabar, Pangalengan, Kabupten Bandung. Ini adalah event yang digelar pertama kali, namun rencananya event ini akan terus digelar setiap tahun, paling tidak selama 5 tahun kedepan. Menyiapkan konsep flying track yang dihiasi dengan eksotisme pemandangan alam `Tatar Sunda` yang berada di antara gunung, rimba, laut dan pantai, lebih dari 100 spot menantang dipastikan dapat dinikmati oleh para pelari.

Ada 4 kategori yang bisa diikuti oleh para pelari, yakni Kategori 5 Km, 10 Km, Half Marathon (21 Km) dan Kategori Full Marathon (42 Km). Mengikuti event ini tentu akan memberikan pengalaman tersendiri, pasalnya Anda akan berlari di tengah udara dingin dataran tinggi sambil menikmati berbagai keindahan alam Jawa Barat seperti hamparan kebun teh dan juga Situ Cileunca. Konon Kawasan ini juga sering dijadikan tempat berlatih untuk para atlet lari nasional. Melalui West Java Eco Marathon ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga berkeinginan untuk terus mendukung promosi wisata alam di Jawa Barat.

Berlari di dataran tinggi sambil menikmati indahnya Alam Sunda di West Java Eco Marathon

Pendaftaran West Java Eco Marathon sendiri telah ditutup tanggal 30 September 2017 lalu. Tercatat ada 1,434 peserta telah mendaftarkan diri yang terdiri dari 654 peserta untuk Kategori 5 Km, 424 peserta untuk kategori 10 Km, 254 peserta di kategori Half Marathon (21 Km), serta 103 peserta yang akan mengikuti kategori Full Marathon (42 Km).Diantara peserta yang terdaftar, tercatat ada 18 WNA yang berasal dari 10 negara berbeda.

Selain menawarkan pengalaman berbeda dengan berlari secara marathon menyusuri dataran tinggi, West Java Eco Marathon yang rencananya akan digelar pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 ini juga menyediakan berbagai hadiah menarik. Peserta Kalangan Umum untuk Putra dan Putri yang berhasil finish di urutan pertama, kedua dan ketiga akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan total hadiah senilai 500 Juta Rupiah. Sedangkan untuk kalangan pelajar putra dan putri yang berhasil finish di urutan 1,2 dan 3 ada hadiah berupa uang pembinaan dengan total 60 Juta Rupiah. Bagi peserta yang belum berhasil naik podium, tidak usah khawatir. Berbagai doorprize menarik berupa 1 Unit mobil Wuling Confero, 1 unit sepeda motor Yamaha, 2 ekor sapi jumbo, sepeda listrik, mountain bike, jam tangan Suunto, serta puluhan produk dari Central Spring Bed dan beberapa voucher Agrowisata akan dibagikan kepada peserta yang beruntung.

Let’s go eco!’ yang menjadi jargon West Java Eco Marathon pun mengajak para peserta untuk semangat berlari sambil terus memelihara kebersihan lingkungan. Semua barang berbahan dasar plastik yang digunakan pada kejuaraan ini rencananya akan didaur ulang. Anda orang Jawa Barat dan mengaku peduli akan lingkungan ?! Yuk tunjukin kalau kita memang betul-betul peduli dengan cara membudayakan gaya hidup sehat, berolah raga dan terus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.







    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Berita Terbaru)dari kategori yang sama
    Selamat Tidur Kirari Gen 1
    Selamat Tidur Kirari Gen 1(2019-02-25 11:38)

    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Berlari di dataran tinggi sambil menikmati indahnya Alam Sunda di "West Java Eco Marathon"
      Komentar(0)