WaGoMu News

TIPS Lebih Percaya Diri Menghadapi Noken alias Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (JLPT)

JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau yang biasa disebut Noken (Noryoku Shiken) alias ujian kemampuan bahasa Jepang merupakan salah satu target yang pasti ingin dicapai oleh sebagian orang khususnya pembelajar bahasa Jepang. Ujian kemampuan bahasa Jepang ini tidak bisa dianggap sembarangan lho! Pasalnya, Kalau kamu lulus, sertifikatnya diakui secara internasional dan menjadi standar sejauh mana kita telah menguasai bahasa Jepang. Seperti yang kita ketahui, kemampuan bahasa jepang terbagi menjadi 5 tingkatan, N5 sebagai level pemula atau yang terendah dan N1 sebagai level paling tinggi dan dianggap sebagai kemampuan bahasa jepang yang mendekati native atau penutur aslinya.

TIPS Lebih Percaya Diri Menghadapi Noken alias Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (JLPT)

JLPT atau Noken diadakan 2 kali dalam setahun, dan jadwalnya hampir sudah fix, yakni hari minggu pertama di bulan Juli dan Desember. So, Hari minggu tanggal 3 Desember 2017 besok adalah waktunya menempuh JLPT alias Noken ! Kamu sudah siapkan amunisi untuk bertempur dengan soal-soal JLPT belum ?! Buat kamu yang sudah belajar dan mempersiapkan dari jauh-jauh hari, selamat ya. Paling tidak, sudah ada bekal untuk menjawab soal-soal JLPT nya nanti. Kalau belajarnya masih kurang, Gimana ?! Jangan khawatir, coba ikuti beberapa tips berikut ya, mungkin bisa membantu dan siapa tau Ujian kali ini Lulus gara-gara tips dari WaGoMu. (Ngarep !)

Konsisten dalam mengatur Waktu Belajar

Bahasa memang sesuatu yang rada sulit dikuasai, namun sangat mudah untuk mengabaikannya. Yups, seberapa mahirpun bahasa yang pernah dipelajari atau bahkan dikuasai, akan luntur tergerus waktu kalau lama tidak dilatih / tidak digunakan. Menyisihkan waktu untuk terus menggunakan dan mempelajarinya secara konsisten, akan sangat membantu. 2-3 Jam dalam seminggu untuk men`deres dengan membaca buku atau artikel dalam bahasa jepang sambil sesekali menulis ulang mungkin cukup, tapi kalau mau upgrade alias naikin level, tentu perlu effort yang lebih donk. Eh, tapi kan waktunya udah mepet sekali. SKS alias "Sistem Kebut Semalam" gak mungkin lah.

Sering-sering Nonton Video atau Mendengarkan Berita

Salah satu sesi Noken / JLPT adalah Listening alias "Choukai". Supaya mampu mendengarkan soal dan menjawab soal listening dengan baik, kemampuan pendengaran kita memang perlu dilatih. Salah satu cara yang bisa dilakukan antara lain dengan menonton video, bisa berupa Film, Drama, Anime atau Berita sebetulnya lebih disarankan seh. Lagu-lagu Jepang mungkin bisa saja jadi bahan belajar, namun sejauh ini dirasa kurang efektif. Pasalnya, perlu effort yang lebih tinggi lagi untuk memahami bahasa sastra yang digunakan dalam lirik lagu. Kalau ada yang ingin melatih pelafalan melalui lagu, tidak ada salahnya seh. Tapi biasanya, ya berhenti sekedar menghafal dan mampu menyanyikannya saja, tanpa bisa memahami artinya. Buktinya, cukup banyak kok yang mampu menyanyikan lagu jepang tanpa harus memahami artinya.

Untuk kamu yang terlanjur daftar tanpa persiapan yang matang, tidak usah mundur sebelum berperang, ikuti tips selanjutnya yuk, Siapa tau membantu.

Hindari Bergadang dengan melakukan SKS

Mengikuti Noken alias JLPT, jauh berbeda dengan mengikuti Ulangan Harian. So, SKS alias Sitem Kebut Semalam sebaiknya dihindari. Percaya deh, ini cuma bakal bikin kamu tertidur saat ujian, terutama di sesi Listening alias Choukai. Gara-gara ngantuk dan kurang tidur, soal choukai bisa terdengar seperti lagu lho. Tak jarang terdengar suara orang ngorok ketika ujian. Hahaha.


Tidur yang Cukup dan Siapkan Segala Keperluan

Tidur yang cukup sebelum berangkat ke tempat ujian, adalah cara yang paling baik untuk menyiapkan kondisi badan dan pikiran yang fit. Yups, paling tidak kita tidak akan tertidur saat mendengarkan soal choukai. Segala keperluan seperti Kartu Ujian, Kartu Tanda Pengenal Diri (KTP atau Zairyu Kado) serta alat tulis berupa pensil dan penghapus sebaiknya disiapkan dihari sebelumnya.

Lakukan Simulasi Ujian alias Try Out

Melakukan SImulasi Ujian atau Try Out sebelum hari H menjadi salah satu hal yang sangat penting. Yups, sekarang sudah banyak kok soal-soal tentang JLPT yang memang didesign persis seperti sistem ujian yang asli. Hal yang wajib diperhatikan ketika mengerjakan soal-soal try out adalah menjaga waktu alias wajib menggunakan timer. Kalau memang Moji-Goi harus selesai dalam waktu 100 menit, ya cukup 100 menit saja. Untuk melatih soal Choukai, jangan sampai ada soal yang di "pause" ya. Jawab terus sesuai alurnya.
Percaya deh, Simulasi Ujian alias Try Out ini akan menambah rasa percaya diri kamu ketika menghadapi JLPT yang sesunguhnya. Paling tidak, kamu sudah tahu jenis soal seperti apa yang akan kamu hadapi.

Kerjakan Soal Sesuai Urutannya

Untuk sebagian orang, mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu mungkin dirasa efektif. Namun, perlu diketahui bahwa waktu ujian akan terus berjalan tanpa perpanjangan waktu atau peringatan injury time. Kalau kamu menghabiskan waktu hanya untuk memilah-milah soal, kenapa tidak langsung jawab saja soal yang dipilah tersebut. Yups, nanti waktunya keburu habis lho. Memilah soal yang menantang karena tahu nilainya akan lebih besar juga sebaiknya dihindari, bisa-bisa waktu untuk mengerjakan soal yang sebenranya mudah malah habis duluan kan.


Selesaikan dengan Jujur, dan Berdo`a untuk yang terbaik

Yang duduk di sebelah kamu itu, belum tentu lebih pintar kok. Sekalipun matanya sipit, bukan berarti merekan lebih jago sehingga membuat kamu tergoda untuk ngintip jawaban orang sebelah yang matanya sipit. Hehehe. Percaya deh, ngintip jawaban tetangga cuma bakal bikin nyesel. Mendingan jawab aja semampunya. Kalau memang nggak tau, kan sudah punya amunisi. Tembak "Dor!" saja, siapa tahu kena jawaban yang betul kan. Kalau sudah dikerjakan sesuai kemampuan, hasilnya akan menunjukan kemampuan kita sendiri. Karena sudah berusaha, selanjutnya tinggal berdo`a saja.

Iya, tinggal berapa hari saja seh, Semangat ya ! Semoga mendapatkan hasil yang terbaik. Noken alias JLPT bulan Juli tahun 2018 juga pasti ada lagi kok. Lulus ataupun nggak lulus, harus terus siap untuk ikut ujian selanjutnya kan. Kalau kali ini Lulus, berati selanjutnya iktu Level yang lebih tinggi. Kalau belum lulus, tinggal ikutan level yang sama juga gak apa - apa kok. Ganbarimashou !!







    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Lifestyle)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    TIPS Lebih Percaya Diri Menghadapi Noken alias Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (JLPT)
      Komentar(0)