WaGoMu News

Inilah Tradisi Akhir Tahun dan Beberapa Perayaan Tahun Baru yang Sakral bagi Masyarakat Jepang



WaGoMu.id - Malam pergantian tahun, memang menjadi saat yang paling ditunggu oleh semua orang. Selain menjadi moment untuk berlibur, malam pergantian tahun juga identik dengan perayaan yang penuh suka cita. Berbagai event pun digelar untuk menyambut detik-detik pergantian tahun. Setiap negara memang memiliki caranya masing-masing didalam merayakan tahun baru. Kalau di Indonesia kita biasa merayakan malam pergantian tahun dengan berkumpul disuatu tempat sambil menikmati berbagai pertunjukan musik atau berkeliling kota sambil meniup terompet menanti detik-detik pergantian tahun. Jepang memiliki cara sendiri dalam merayakannya.

Iya, Tahun Baru atau "Oshogatsu" di Jepang itu layaknya Lebaran/Hari Raya bagi Umat islam, di Jepang sendiri ini menjadi moment libur panjang dan paling meriah di Jepang. Libur panjang akhir tahun biasanya berlangsung Mulai dari tanggal 29 Desember hingga 3 Januari, hampir seluruh warga Jepang pun berlibur dari pekerjaannya. Berbeda dengan perayaan tahun baru di Indonesia, Pergantian Tahun di Jepang menjadi Acara sakral terutama untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Berikut adalah beberapa Agenda/Acara atau Tradisi merayakan Tahun Baru di Jepang.

1). Osoji dan Toshikoshisoba



Akhir Tahun menjadi saat-saat paling sibuk bagi seluruh keluarga Jepang. Kegiatan bersih-bersih alias membereskan seluruh bagian rumah menjadi kegiatan wajib. Iya, layaknya keluarga di kampung yang hendak menyambut anggota keluarga yang pulang mudik, Kegiatan Osoji pun wajib dilakukan biar suasana rumah lebih fresh.

Dimalam pergantian tahun, pesta kembang api tidak begitu lazim digelar di Jepang, selain karena suhu udara malam yang terlampau dingin, Jepang juga telah memiliki agenda yang tak boleh terlewatkan. Salah satunya adalah Toshikosi Soba alias menyantap Mie Soba dimalam pergantian tahun. Sebagian besar orang Jepang percaya bahwa mie soba yang panjang itu dapat memberi berkah umur panjang.

2) Hatsu Hinode



Setelah menyantap makanan penutup tahun berupa soba, hari selanjutnya disaat pagi buta orang-orang Jepang akan bangun dan berangkat menuju lokasi yang strategis. Yups, untuk melihat sunrise/matahari terbit yang pertama kali di awal tahun, atau biasa disebut sebagai Hatsuhinode. Sesuai julukannya "negeri matahari terbit", tak heran kalau banyak orang Jepang yang berkeyakinan bahwa matahari yang terbit pertama kali pada suatu tahun (hatsuhinode) memiliki aspek supernatural.

3) Hatsumode



Penduduk Jepang dikenal memiliki kepercayaan/agama shinto yang konon mereka menyembah matahari. Namun, sehari-harinya agaka jarang ditemui Orang Jepang yang menjalankannya. Sebagian besar mereka malah lebih cenderung tidak memiliki agama atau kepercayaan apapun. Meskipun begitu, tradisi dan budaya sepertinya telah melekat dengan kegiatan Orang Jepang, terutama di rangkaian acara tahun baru.

Tiga hari pertama di awal Tahun Baru, orang Jepang yang tidak memilliki agam atau spiritualitas yang kuat sekalipun, akan berbondong-bondong mendatangi kuil dan tempat suci lainnya untuk memanjatkan doa di awal tahun. Ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan. Kita akan melihat banyak orang jepang mendatangi kuil bahkan sampai antre memanjatkan do`a dan memohon kebaikan ditahun yang baru ini. Para pengunjung kuil juga bisa mengambil omikuji yakni kertas ramalan yang bersangkutan di tahun yang akan datan. Selain itu Hatsumode juga selalu identik dengan kegiatan membeli jimat untuk tahun yang baru, dan mengembalikan jimat dari tahun sebelumnya untuk dibakar dalam sebuah upacara khusus.


Perayaan Tahun Baru di Jepang memang unik dan berbeda bila dibandingkan dengan Perayaan Tahun Baru di Indonesia ataupun beberapa negara lainnya. Kalau kamu menyempatkan diri untuk berlibur di Jepang pas malam pergantian tahun, mungkin akan sedikit kecewa karena hampir tidak ada pesta kembang api dan kemeriahan lain yang serupa. Namun, untuk Kamu yang tertarik dengan Budaya dan Tradisi masyarakat Jepang, Melihat langsung berbagai kegiatan orang Jepang disaat pergantian tahun pasti akan menjadi experience tersendiri.





    Artikel (Traveling ke Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Inilah Tradisi Akhir Tahun dan Beberapa Perayaan Tahun Baru yang Sakral bagi Masyarakat Jepang
      Komentar(0)