WaGoMu News

Jalur Kereta Cepat - SHINKANSEN menghubungkan hampir seluruh Wilayah Jepang



WaGoMu.id - Jalur Kereta di Jepang hampir telah menghubungkan seluruh penjuru negeri, dan banyak disebut sebagai yang terbaik di dunia. Selain Okinawa dan Shikoku hampir seluruh wilayah Jepang bahkan telah terhubung dengan Jalur Shinkansen. Shinkansen (kereta super cepat) ini telah dibangun sejak 50 tahun lalu dan menjadi salah satu Bukti bahwa Jepang memang pantas disebut sebagai Negara Maju. Dengan Shinkansen, jarak ratusan Kilometer pun bisa ditempuh dengan cepat, Dari Tokyo menuju Kyoto misalkan, 2 Kota yang terpisah dengan jarak lebih dari 462 Km ini pun bisa ditempuh hanya dengan waktu sekitar 2 Jam perjalanan saja. Tokaido Line yang merupakan jalur utama, akan membawa kita menjelajahi Golden Route yakni jalur yang menghubungkan Tokyo, Nagoya, Kyoto, Osaka dan sekitarnya. Ini merupakan jalur utama para wisatawan mancanegara.

Apabila anda ingin menjelajahi wilayah Utara yang terkenal dengan Winter Sport seperti Prefektur Aomori, Prefektur Yamagata, Prefektur Kanazawa, Prefektur Niigata dan sekitarnya, kita juga bisa menggunakan Shinkansen. Saat ini sudah ada beberapa jalur shinkansen yang menghubungkan hampir seluruh jepang. Peta Jalur shinkansen ini bisa membantu menjelaskannya. Beberapa diantara Jalur shinkansen yang dimuat dengan garis putus-putus pada gambar, saat ini tengah dalam tahap pembangunan dan perencanaan.



Jalur Shinkansen yang saat ini bisa dilalui di Jepang

1) Tokaido Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Tokyo dan Shin Osaka dengan jarak sejauh 552.6 Km dan waktu tempuh selama 2 Jam 22 Menit. Kecepatan Maksimalnya mencapai 285 Km/Jam.

2) San`yo Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Shin Osaka dan Hakata dengan jarak sejauh 644.0 Km dan dapat ditempuh selama 2 Jam 22 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 300 Km/Jam.

3) Tohoku Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Tokyo dan Shin Aomori dengan jarak sejauh 713,7 Km dan dapat ditempuh selama 2 Jam 59 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 320 Km/Jam.

4) Hokkaido Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Shin Aomori , Shin Hakodate dan Hokuto dengan jarak sejauh 148.8 Km dan dapat ditempuh selama 4 Jam 2 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 260 Km/Jam.

5) Joetsu ShinkansenLine :
Menghubungkan antara Tokyo dan Niigata dengan jarak sejauh 333.9 Km dan dapat ditempuh selama 1 Jam 37 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 240 Km/Jam.

6) Hokuriku Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Tokyo dan Kanazawa dengan jarak sejauh 450.5 Km dan dapat ditempuh selama 2 Jam 28 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 260 Km/Jam.

7) Ksyushu Shinkansen Line (Kagoshima Route) :
Menghubungkan antara Hakata dan Kagoshima Chuo dengan jarak sejauh 288.9 Km dan dapat ditempuh selama 2 Jam 17 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 260 Km/Jam.

8) Yamagata Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Fukushima dan Shinjo dengan jarak sejauh 148.6 Km. Perjalanan dari Tokyo menuju Shinjo bisa ditempuh dalam perjalanan selama 3 Jam 11 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 130 Km/Jam.

9) Akita Shinkansen Line :
Menghubungkan antara Morioka dan Akita dengan jarak sejauh 127.3 Km.Perjalanan dari Tokyo menuju Akita bisa ditempuh dalam perjalanan selama 3 Jam 37 Menit. Kecepatan Maksimalnya bisa mencapai 130 Km/Jam.

Catatan :
Yamagata Shinkansen Line dan Akita Shinkansen Line sebetulnya lebih tepat disebut sebagai Mini Shinkansen. Menggunakan jalur yang telah ada namun telah dikonversi dengan yang 1,435 mm , sehingga bisa dilalui oleh kereta cepat.



Mengeksplore Jepang dengan menggunakan Shinkansen memang menjadi lebih mudah dan hemat waktu. Namun, ongkos/biaya untuk menggunakan moda transportasi yang satu ini sangatlah mahal. Perlu strategi khusus untuk bisa menggunakan mode trasnportasi Shinkansen supaya lebih hemat dan efisien. Salah satu solusi yang ditawarkan Pemerintah Jepang kepada wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jepang adalah dengan disediakannya penawaran tiket JR PASS. Yups, dengan JR PASS ini kita bisa menggunakan semua moda transportasi milik BUMN Jepang berlogo JR. Kereta Lokal JR sudah pasti, Kapal Ferry JR , Bus JR bahkan sampai Kereta Super Cepat (Shinkansen) pun di semua jalur bahkan bisa kita gunakan hanya dengan satu tiket ajaib bernama JR PASS. Informasi lebih lengkap mengenai JR Pass akan kita bahas di tulisan selanjutnya ya.




    Artikel (Traveling ke Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Jalur Kereta Cepat - SHINKANSEN menghubungkan hampir seluruh Wilayah Jepang
      Komentar(0)