WaGoMu News

Mengikuti Program Sekolah Bahasa sebelum melanjutkan study di Perguruan Tinggi atau Bekerja di Jepang

WaGoMu.id - Di tengah berkembangnya budaya populer yang unik seperti anime, manga, karaoke dan lain-lain, Jepang juga terkenal sebagai negara yang menjaga sejarah dan budaya leluhurnya. Tidak ada pembagian kasta kedudukan tertentu, siapapun memiliki peluang yang sama dan bisa sukses selama mau bekerja keras.



Belajarlah sampai ke Negeri China ! Begitulah yang diungkapkan oleh pepatah atu peribahasa lama. Tapi kalau pengennya ke Jepang gimana ?! Ya silahkan saja, toh itu cuma peribahasa. Melanjutkan Study atau Sekolah di Jepang memang masih menjadi pilihan favorite. Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat kriminalitas yang rendah, sehingga menjadi Negara yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Kereta Bawah Tanah yang telah dibangun sejak 100 tahun lalu, Shinkansen (kereta super cepat) yang dibangun sejak 50 tahun lalu merupakan Bukti bahwa Jepang adalah Negara Maju yang pantas untuk dijadikan tempat untuk menuntut ilmu.

Begitu banyak perusahaan yang menawarkan Program untuk bisa melanjutkan Studi ke Jepang. Tak hanya untuk mereka yang ingin melanjutkan ke program pascasarjana, mereka yang baru lulus SMA/SMK sederajat, masih berstatus mahasiswa atau masyarakat umum sekalipun bisa mengikutinya. Namun, Jepang merupakan negara yang menjunjung tinggi bahasa nasionalnya. Melanjutkan study di Jepang, berarti akan menuntut ilmu dalam bahasa jepang sebagai bahasa pengantarnya. Sebagian sekolah/perguruan tinggi memang memiliki pengajar yang menguasai bahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Namun, bahasa Jepang tetaplah mendominasi. Sehinggi, menguasai bahasa Jepang sebelum masuk ke Perguruan Tinggi di Jepang sangatlah di rekomendasikan.

Pilihannya, Anda bisa mempelajari Bahasa Jepang di Negara Asal (Indonesia) sampai dengan memiliki kemampuan bahasa setara level JLPT N2, kemudian mulai mendaftarkan diri untuk melanjutkan study di Negeri Sakura, atau bisa juga mengejar kemampuan bahasa Jepang dengan langsung belajar di Sekolah Bahasa yang ada di Jepang sembari mempelajari budayanya secara langsung. Kebanyakan perusahaan konsultan pendidikan ke Jepang akan menyarankan program ini. Iya, 1 s/d 2 Tahun belajar di Sekolah Bahasa, sebagai upaya persiapan untuk melanjutkan study ke Perguruan Tinggi.

(Catatan : Sekolah Bahasa ini tidak setara dengan D1 ataupun D2 di Indonesia, melainkan sebagai upaya persiapan untuk megejar kemampuan bahasa Jepang JLPT N2 yang menjadi tolok ukur seorang pelajar mampu menerima pelajaran dalam bahasa Jepang).

Program ini pada umumnya bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan berbahasa Jepang siswa hingga setara dengan kemampuan JLPT N2 (minimal JLPT N3) yang merupakan salah satu syarat mutlak untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Jepang. Dengan kata lain, program belajar di sekolah bahasa Jepang ini merupakan batu loncatan pertama yang harus dilalui oleh siswa sebelum memasuki universitas di Jepang. Sembari belajar di Sekolah Bahasa, yang bersangkutan juga bisa melakukan kerja part time untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain mendapatkan pengalaman bekerja, Ini juga akan membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa yang tengah dipelajarinya.

Tujuan akhirnya, orang yang mengikuti program sekolah bahasa, tentu saja mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, dengan asumsi setelah menyelasaikan pendidikannya, kelak ia mampu berkompetisi untuk bekerja di Perusahaan Jepang yang diinginkannya. Yups, Bekerja dengan visa kerja di Jepang, atau bisa juga pulang dan merintis karir di Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.




    Artikel (Sekolah di Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Mengikuti Program Sekolah Bahasa sebelum melanjutkan study di Perguruan Tinggi atau Bekerja di Jepang
      Komentar(0)