WaGoMu News

Cara Membungkukan Badan yang benar ketika Mengucapkan salam dalam Budaya Jepang

WaGoMu.id - Hallo ! Kembali lagi dengan bahasan tentang bahasa dan budaya Jepang. Untuk Kamu yang saat ini tengah bercita-cita untuk bisa bekerja di Jepang sebagai Profesional, atau ingin bekerja di Perusahaan Jepang yang ada di dalam negeri tapi dengan posisi yang strategis, topik yang akan kita bahas kali ini, WAJIB kamu kuasai supaya bisa digunakan dengan tepat. Yups, teknik atau cara orang Jepang mengucapkan salam.



Perlu diketahui, Orang Jepang jarang sekali berkenalan sambil berjabat tangan. Bersentuhan dengan berjabat tangan saja, untuk mereka masih terkesan tabu lho. (Waaah, rada mirip dengan budaya islam neh, dimana laki-laki dan perempuan yang bukan mahrom, tidak boleh bersentuhan). Iya, Orang Jepang memang kerap mengucapkan salam sembari membungkuk. Bahkan, kemiringan badan ketika membungkuk pun memiliki arti tersendiri lho. Misalkan :
Kemiringan 15º dari Posisi tegak adalah etika ketika mengucapkan salam pada umumnya. Yakni ketika bertemu dengan kenalan, teman dan lain-lain.
Kemiringaan 30º dari Posisi tegak, ini biasanya digunakan ketika mengucapkan salam secara formal. Misal ketika berkunjung kerumah orang lain, atau salam yang biasa dilakukan oleh para penjaga toko dan lain-lain.
Kemiringan 45º dari Posisi tegak biasa dilakukan ketika mengucapkan salam atau menyampaikan permohonan maaf secara formal.

Pada dasarnya 3 cara membungkukan bada ketika mengucapkan salam inilah yang kerapkali digunakan dan banyak dijumpai sehari-hari. Sekalipun ada juga salam dengan Kemiringan 90º dari posisi tegak dimana punggungnya membentuk siku, posisi ini bisa bermakna permohonan maaf yang mendalam akibat kesalahan fatal, dan lain sebagainya. Di Film-film biasanya ada seh. hehe

So, dari sudut kemiringan diatas, jadi tahu kan ?! Seberapa jauh kita bisa membungkukkan badan ketika mengucapkan salam. Yang paling penting adalah, jangan mengucapkan salam sambil membungkukkan badan ya. Oppps, kenapa ?! Kalau berbarengan, biasanya ucapan kita kan jadi nggak jelas. Bisa-bisa nanti salah faham lho. Sebaiknya, Ucapkan dulu salamnya, baru kemudian menggerakan badan untuk sedikit membungkuk sekitar 15º dari posisi tegak. Hal ini sudah cukup kok. Selain itu, perhatikan juga posisi tangan ketika membungkuk dan arah pandangan mata. Jangan sekali-kali membungkukan badan dengan mata yang terus memandangi lawan bicara. Nanti malah dikira ngajak berantem kan repot. hehehe

Prakteknya, bisa lihat video ini sebagai salah satu acuannya.



Semoga bermanfaat !





    Artikel (Kerja di Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Cara Membungkukan Badan yang benar ketika Mengucapkan salam dalam Budaya Jepang
      Komentar(0)