WaGoMu News

Mengenal Sejarah mulai Masuknya berbagai Makanan Jepang di Indonesia

WaGoMu.id - Jepang memang mempunyai banyak jenis makanan khas, contohnya saja sushi, ramen, dan takoyaki. Mendengar nama masakan tersebut, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia. Bahkan, berbagai restoran Jepang bermunculan dengan banyaknya minat masakan Jepang tersebut di Indonesia. Dewasa ini banyak muncul restoran besar sampai kedai-kedai sederhana yang dibuka di Indonesia. Makanan Jepang memang terkenal akan variasi dari bahan-bahannya, seperti mie, beras dan bahan tradisonal lainnya. Sebut saja ramen, makanan olahan dari mie ini banyak diminati oleh anak muda jaman sekarang karena banyaknya variasi toping atau isian didalamnya.

Sebetulnya cukup sulit mengatakan kapan makanan Jepang ini mulai muncul di Indonesia. Namun, kalau kita melihat dari sejarah, restoran Kikugawa adalah restoran Jepang yang pertama kali datang ke Indonesia. Diketahui, restoran ini berdiri sejak tahun 1969 di Jakarta. Restoran ini didirikan oleh oleh penduduk Jepang bernama Kikuchi Surutake, alasanya karena ia begitu mencintai Indonesia. Hingga saat ini, sejak pertama kali didirikan, Restoran Kikugawa yang berada di daerah Cikini, Jakarta Selatan ini, menyediakan berbagai macam masakan asli Jepang seperti sashimi, sushi, dan sukiyaki.

Mengenal Sejarah mulai Masuknya berbagai Makanan Jepang di Indonesia

Dari pengamatan sejarah tersebut, Kikugawa dianggap sebagai generasi pertama penyedia makanan khas Jepang di Indonesia. Setelah itu, Indonesia kedatangan generasi kedua penyedia makanan Jepang tepat pada tahun 1970-1980. Salah satu nama yang muncul adalah Furusato. Restoran ini merupakan salah satu restoran tertua di Jakarta dan berokasi di hotel Sari San Pasific Jakarta. Furusato mulai dibuka pada tahun 1976, bertepatan dengan dibukanya hotel tersebut. Namun, pada tahun 1987, restoran Furusato berganti nama menjadi Keyaki. Tidak dijelaskan kenapa nama restoran ini berubah.

Mengenal Sejarah mulai Masuknya berbagai Makanan Jepang di Indonesia

Dengan munculnya restoran Kikugawa dan Furusato, menjadikan masakan Jepang terkenal di Jakarta. Pada tahun 1985, muncullah Hoka Hoka Bento yang semakin menjadikan masakan Jepang menjadi terkenal. Hoka Hoka Bento (Hokben) menggunakan konsep masakan cepat saji khas Jepang. Masakannyapun menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, seperti menggunakan lada hitam dan bumbu yang beraroma kuat. Hokben merupakan restoran cepat saji dari Jepang pertama dan terbesar di Indonesia. Sampai sekarang Hokben sudah membuka lebih dari 350 cabang di seluruh Indonesia.

Kemudian pada akhir 1980 sampai awal 1990, generasi ketiga makanan Jepangpun muncul. Disebut dengan Little Tokyo dan berada di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, tempat ini menjadi salah satu kawasan favorit berkumpulnya orang-orang dan penggemar budaya Jepang. Disanalah kemudian muncul restoran Ajihara pada tahun 1990. Disaat bersamaan di Yogyakarta juga muncul restoran dengan makanan khas Jepang bernama Tenpura Hana.

Pada tahun 2000-an, masakan Jepang semakin menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pada masa ini ditandai dengan munculnya generasi keempat masakan Jepang di Indonesia. Hal itu ditandai dengan dibukanya restoran Papper Lunch pada tahun 2006, di Jakarta. Setelah itu, diikuti dengan restoran Yoshinoya, yang juga merupakan restoran cepat saji pada tahun 2010.

Bahkan sejak saat itu, banyak muncul restoran dan gerai makanan Jepang di hampir seluruh Indonesia. Tidak hanya di kota kota besar saja, mereka juga muncul pada kota kecil. Bahkan, kita sekarang bisa menjumpai masakan Jepang tidak hanya di restoran besar atau pusat-pusat perbelanjaan. Makanan seperti takoyaki atau okonomiyaki juga mudah ditemukan pada kedai di pinggir jalan dengan memakai konsep kaki lima.

Kenapa masakan Jepang begitu terkenal di Indonesia?

Mengenal Sejarah mulai Masuknya berbagai Makanan Jepang di Indonesia

Sejarah mencatat, Jepang memang pernah berkuasa di Indonesia. Hal inilah yang membuat Jepang menjadi tidak asing di Indonesia. Dalam sejarah dunia juga mencatat, Jepang merupakan negara dengan kekuatan besar. Kqrena itubsaat menguasai Indonesia, mereka juga mencoba mengenalkan berbagai kebuadayaan dari Jepang. Mulai dari manga, anime, musik dan juga fashionnya. Karena faktor masa lalu itulah yang menyebabkan kita tidak perlu waktu yang lama untuk beradaptasi bahkan mengenal tentang makanan Jepang.

Dengan memanfaatkan sumber daya alam terutama rempah-rempah yang melimpah di Indonesia inilah, Jepang berusaha membuat masyarakat Indonesia menyukai masakan khas Jepang. Mereka menambahkan saus dengan bumbu yang lebih berani dan beraroma kuat. Makanan Jepang juga menjadi sangat populer seiring berjalannya zaman. Dengan munculnya berbagai macam produk baru, kita tahu bahwa makanan Jepang tidak akan berhenti menyerbu pasar Indonesia.






    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Lifestyle)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Mengenal Sejarah mulai Masuknya berbagai Makanan Jepang di Indonesia
      Komentar(0)