WaGoMu News

Cara beradaptasi terhadap Lingkungan ketka Kamu melanjutkan study / kuliah di Jepang

Cerita tentang perjuangan hidup di negeri orang memang selalu menarik, terlebih kisah tersebut bisa menjadi inspirasi ataupun sekedar referensi bagi orang lain. Termasuk ketika berbicara tentang seluk beluk perkuliahan di Jepang. Yups, sudah jadi rahasia umum memang, karena Jepang memiliki cukup banyak Perguruan Tinggi/Universitas yang terkenal dan bahkan masuk dalam jajaran yang terbaik di dunia.

Pemerintah Jepang memang sangat peduli akan kualitas pendidikan di negaranya. Sehingga, mereka benar-benar serius menjalankan sistem pendidikan yang modern dan membuka banyak peluang termasuk bagi mahasiswa asing yang ingin turut melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di Jepang. Kesempatan bagi mahasiswa asing yang berprestasi untuk mendapatkan beasiswa, diberikan ruang. Ini pun menunjukan kepedulian Jepang terhadap kemajuan pendidikan di dunia. Dari Indonesia sendiri , cukup banyak mahasiswa berprestasi yang mengikuti program pertukaran pelajar dan dikirim untuk menuntuk ilmu di Jepang. Hal ini paling tidak kian menunjukan minat mahasiswa Indonesia yang cukup tinggi untuk belajar ke Jepang.



Beberapa diantara mereka, terutama yang pertama kali datang datang ke Jepang kerap menghadapi masalah, terutama terkait penyesuaian lingkungan. Masalah penyesuaian lingkungan ini memang bukan hanya dihadapi oleh mahasiswa asing, akan tetapi oleh semua perantau dimanapun. Ini terjadi karena mengalami peralihan ke zona yang baru. Ini memang hal yang lumrah, mengalami berbagai penolakan pun dianggap biasa, karena pada dasarnya kita memang harus berusaha untuk menyesuikan dengan lingkungan yang baru. Hal ini bahkan harus kita lalui ketika pindah sekolah atau pindah tempat kerja dalam satu negara sekalipun, penyesuaian lingkungan mau tidak mau harus dihadapi.

Hanya saja saat merantau ke luar negeri, akan banyak sekali aspek yang harus disesuaikan supaya bisa membuat diri kita nyaman tinggal di lingkungan yang baru tersebut. Saat pertama kali datang ke Jepang, semua orang selalu berekspektasi dengan kegembiraan. Hal baru yang dijumpai pun kerap dibandingkan dengan kondisi di Indonesia. Bahkan tak jarang kita memuji hal-hal baru tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, kegembiraan tersebut mulai dihadapkan dengan masalah penyesuaian lingkungan. Dari mulai penyesuaian bahasa, penyesuaian makanan, penyesuaian terhadap lingkungan, sampai penyesuaian waktu biologis yang baru. Termasuk, keinginan untuk mempertahankan berbagai kebiasaan baik yang selalu dilakukan saat masih berada di Indonesia. Seperti pribahasa yang kerap kita dengar, “Gou ni itte wa gou ni shitagae” yang artinya "dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung". Maksudnya, sebagai tamu kita harus menghormati tuan rumah, termasuk dengan kebiasaan mereka yang berbeda dengan Indonesia.

Kendala bahasa sering kali menjadi masalah utama, Jepang mempunyai bahasa sendiri, dan Mereka kebanyakan bukanlah pengguna bahasa Inggris seperti negara kebanyakan. Padahal bahasa asing yang kita pelajari di bangku sekolah adalah bahasa inggris. Orang-orang di Jepang kerap menggunakan bahasa lokal, sekalipun saat berbicara dengan orang asing. Tidak hanya secara lisan, secara tulisan pun mereka kerap menggunakan bahasa mereka sendiri. Hal ini memang wajar dan mau tidak mau harus dihadapi. Untuk kalian yang tengah berniat untuk melanjutkan studi di negeri sakura, ada baiknya menyempatkan diri untuk belajar bahasa jepang terlebih dahulu meskipun sekedarnya. Iya, sekedar bisa membaca tulisan, sekedar bisa berkomunikasi, cukup kok. hehe

Untuk bisa menghadapi berbagai masalah penyesuaian saat melanjutkan study / kuliah diluar negeri kuncinya adalah kembali ke niat, tetap fokus, dan menjalaninya dengan disiplin. Fokus pada awal tujuan kenapa kita pergi dan menjalaninya dengan rasa sabar. Memulai memang menjadi bagian terberat dari suatu proses, akan tetapi konsisten terhadap apa yang sudah kita mulai akan menjadi hal yang paling sulit.
Tetap Semangat !






    Artikel (Sekolah di Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Cara beradaptasi terhadap Lingkungan ketka Kamu melanjutkan study / kuliah di Jepang
      Komentar(0)