WaGoMu News

Mengenal Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang | Kelas Belajar Bahasa Jepang Online WaGoMu

Apa yang ada dalam Pikiran Kamu ketika menyebut atau sekedar membayangkan Huruf Jepang ?!



Yups, kebanyakan orang langsung menyebutkan "Hiragana", "Huruf Kanji", dan lain sebagainya. Sepertinya sudah cukup banyak yang familiar dengan huruf yang memang sering digunakan dalam bahasa Jepang ini. Namun, tahukah Kamu kalau dalam bahasa Jepang ada 4 Jenis huruf yang bisa digunakan dalam satu baris kalimat sekaligus ?! Yups, keempat jenis huruf tersebut bisa digunakan secara bersamaan, alias semuanya dipakai. Kali ini, Kita akan sama-sama belajar mengenali keempat jenis huruf tersebut dan masing-masing karakter dan fungsinya.

1) Hiragana
Hiragana, secara sederhana bisa dikenali dari bentuknya yang sederhana, terdiri dari 1-4 coretan yang bentuknya melengkung, huruf ini biasa digunakan untuk menuliskan kosakata asli dalam bahasa Jepang. Kamu pasti sudah hafal kosakata "Selamat Pagi" atau "Terima Kasih" dalam bahasa jepang kan ? Yups, Ohayou atau lengkapnya Ohayou Gozaimasu, dan Arigatou atau lengkapnya Arigatou Gozaimasu, adalah kosakata asli bahasa Jepang. Seandainya ditulis dalam bahasa Jepang, ditulis seperti ini : おはようございます dan ありがとうございます.

2) Katakana
Katakana, adalah jenis huruf jepang yang hampir sama dengan Hiragana, terdiri dari 1-4 coretan, namun bentuknya lebih banyak berupa garis tegas, atau bahkan membentuk sudut yang tajam. Huruf Katakana ini biasanya digunakan ketika menulis kosakata serapan dari bahasa asing (maksudnya bukan bahasa jepang asli). Misal, ketika hendak menulis Nama Orang Indonesia seperti Asep, Suryono, dll atau ingin menulis Kosakata serapan dari Bahasa asing lainnya seperti Smartphone atau Laptop yang ditulis seperti ini : スマートフォン atau スマホ dan パソコン.

3) Huruf Kanji
Jenis huruf Jepang yang ketiga adalah Kanji. Yups, nyebutnya jangan huruf kanji ya. Tau kenapa ?! Karena "Ji" itu sendiri artinya adalah huruf. Kanji ini pada dasarnya memiliki fungsi dan karakteristik yang sama persis dengan Hiragana. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa Hiragana itu berasal dari Kanji yang disederhanakan. Bisa jadi, hal ini memang betul. Bedanya, setiap bentuk karakter Kanji memiliki makna sendiri, namun sebuah karakter Hiragana, tidak memiliki makna khusus. Ciri Kanji pada dasarnya memiliki bentuk huruf yang lebih rumit karena jumlah coretannya agak banyak dan nulisnya agak sulit. Namun, ketika mulai faham metodenya, belajar kanji bisa jadi hal yang menyenangkan lho.

Ucapan Selamat Pagi dan Terima Kasih yang kita tulis diatas, (おはようございます dan ありがとうございます), bisa juga kita tulis menggunakan kanji, menjadi seperti ini : おうございます dan 有難うございます. Huruf yang ditebalkan, yakni dan 有難 adalah Kanji. Yups, Kanji dan Hiragana bisa saling menggantikan. Dalam beberapa kesempatan, kita bisa juga menjumpai Kanji yang diatasnya disertakan Huruf Hiragana kecil, atau biasa dikenal dengan sebutan "furigana".

4) Romaji
Romaji, adalah huruf abjad romawi yang sehari-hari kita gunakan dalam bahasa indonesia. Hanya saja, pelafalan/pengucapan huruf romawi dalam bahasa jepang wajib menggunakan cara pelafalan bahasa inggris. Yups, A, B, C, D, E (dibaca : e, bi, si, di, i), dan seterusnya. Kapan kita menggunakan romaji ?! Beberapa singkatan seperti NHK, Bank BJB, dll atau Angka 1,2,3 juga biasanya tetap ditulis dalam romaji.

Yups, kita sudah mengenal 4 jenis huruf dalam bahasa jepang baik secara bentuk karakter maufun fungsi penggunaannya. Dalam satu kesempatan, keempat jenis huruf ini bisa kita temukan bahkan dalam satu baris kalimat. Seperti kalimat ini :


7月31日に浜松ギャラリーモールソラモでFestival Jawa Barat を行いました。


Mau tau dibaca apa & arti dari satu baris tulisan ini ?! Terus Ikuti kelas bahasa Jepang di WaGoMu Japanese Class ini ya.
Kita Belajar bareng yuk !




    Artikel (Belajar Bahasa Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Mengenal Jenis Huruf dalam Bahasa Jepang | Kelas Belajar Bahasa Jepang Online WaGoMu
      Komentar(0)