WaGoMu News

Apa itu JLPT ? Inilah beberapa keuntungan bagi Pemiliki sertifikat JLPT

JLPT merupakan kepanjangan dari Japanese Language Proficiency Test atau biasa juga disebut sebagai Ujian Kemampuan/Kompetensi Bahasa Jepang, dalam bahasa Jepang disebut "Nihongi Nouryoku Shiken" (日本語能力試験). Anda yangbelum familiar dengan JLPT, barangkali bisa juga menganggapnya sebagai TOEFL dalam bahasa inggris. JLPT diselenggarakan langsung oleh 2 institusi Jepang yang fokus dalam pengembangan pengajaran bahasa dan budaya jepang, yakni Japan Foundation (JF) dan Japan Educational Exchanges and Services (JEES).



JLPT pertama kali diselenggarakan pada tahun 1984 untuk mengukur dan mengesahkan tingkat kemampuan bahasa jepang bagi pembelajar bahasa jepang (bukan penutur asli). Saat itu diikuti oleh 7,000 peserta ujian di 15 Negara. Seiring jumlah pembelajar bahasa jepang yang kian meningkat, Peserta JLPT pun terus meningkat, pada tahun 2011, JLPT bahkan sudah diselenggarakan di 62 negara dengan jumlah peserta yang mencapai 610,000 peserta. Lantas, kenapa semakin banyak pembelajar bahasa jepang yang mengikuti JLPT ? Apa sebenarnya keuntungan dengan mengikuti JLPT itu sendiri ?

JLPT menjadi Alat Ukur Kemampuan Bahasa Jepang

Materi JLPT memang disusun sedemikian rupa untuk menjadi tolok ukur kemampuan seorang pembelajar bahasa jepang. Tak heran apabila pertanyaan "JLPT N.. berapa yang saat ini dimiliki ?" menjadi pertanyaan yang kerap dilemparkan ketika Anda hendak mendaftarkan diri sebagai pekerja profesional di Perusahaan Jepang. Terlebih pekerjaan tersebut memang memerlukan kemampuan bahasa jepang.

Kemampuan berbahasa Jepang memang tidak selalau diukur dengan level sertifikat JLPT yang dimiliki, kemampuan komunikasi lisan maupun tulisan terkadang jauh lebih penting. Namun, selembar kertas ijazah kerap kali menjadi patokan penting yang tidak menjadi tolok ukur sebuah kemampuan bukan ?!

JLPT membantu mewujudkan mimpi untuk meraih Beasiswa di Jepang

Anda termasuk orang yang bermimpi bisa melanjutkan study di Jepang ? Kalau iya, JLPT akan betul-betul Anda perlukan untuk mewujudkan mimpi tersebut. Pasalnya, beberapa beasiswa yang tersedia di Jepang mewajibkan Anda untuk memiliki kemampuan bahasa jepang yang diakui seperti JLPT. Beasiswa Monbugakusho atau MEXT adalah salah satu yang mengutamakan kemampuan bahasa jepang dari para penerima beasiswa yang disediakan, terutama untuk Anda yang tertarik untuk mengikuti "Research Student Program", JLPT N2 atau bahkan JLPT N1 akan sangat memudahkan jalan Anda.

JLPT menjadi pendukung Anda melanjutkan Study di Jepang

Selain untuk mengikuti Program Beasiswa, JLPT juga dapat membantu Anda yang sekedar ingin melanjutkan study di Jepang. Anda mungkin tidak memerlukan beasiswa, namun kegiatan perkuliahan di Jepang terutama untuk tingkat S1, diadakan dengan menggunakan bahasa pengantar full dalam bahasa jepang. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila Anda tidak memiliki kemampuan bahasa jepang kan ?. Beberapa perguruan tinggi memang mulai membuka "international class", sekalipun begitu untuk hidup di Negeri Sakura akan lebih baik jika Anda bisa berbahasa jepang.

JLPT Membantu kenaikan Jenjang Karir di Perusahaan Jepang

Anda yang saat ini tengah bekerja di Perusahaan Jepang, barangkali sudah mengerahui hal ini. Kemampuan Bahasa Jepang sangat dihargai. Beberapa perusahaan bahkan memberikan bonus dan tunjangan bahasa secara khusus untuk orang-orang yang memiliki sertifikat JLPT lho.

JLPT membuat Anda mendapatkan Perlakuan Khusus dari Imigrasi Jepang

Poin ini tidak berlaku untuk Anda yang hanya ingin datang berkunjung ke Jepang untuk berlibur atau melanjutkan study. Namun, untuk Anda yang memang ingin bekerja sebagai tenaga profesional (highly skilled foreign profesional) seperti sebagai pengajar di perguruan tinggi, tenaga medis, tenaga ahli IT dan lain-lain. Sertifikat JLPT N1 akan membuat Anda mendapatkan perlakuan istimewa terutama terkait standar pendapatan alias Gaji yang tinggi. Yakni antara 450 jt s/d 1 M per tahun. Hal ini bahkan tercatat dalam "point-based preferential imigration treatment system for highly-skilled foreign profesional" dari departemen imigrasi Jepang.

JLPT bisa diikuti 2 kali dalam setahun, yakni di bulan Juli dan bulan Desember. Siapapun bisa mendaftar untuk mengikuti JLPT ini. So, setelah mengetahui manfaat dan nilai tambah yang bisa Anda dapatkan karena memiliki sertifikat JLPT, kenapa nggak mulai memperdalam dan mengasah kemampuan Jepangnya untuk kemudian mengikuti JLPT terdekat ?. Ganbarimasho !






    Artikel (Belajar Bahasa Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Apa itu JLPT ? Inilah beberapa keuntungan bagi Pemiliki sertifikat JLPT
      Komentar(0)