WaGoMu News

Mau kerja di Jepang ?! Segera persiapkan Diri ! Karena RUU Ketenagakerjaan Jepang yang baru telah disetujui Pihak Parlemen Jepang

WaGoMu.id - Pengajuan RUU Pengendalian Imigrasi Jepang yang baru akhirnya dikirim ke Dewan Penasihat dan disetujui oleh Parlemen Jepang pada Selasa sore tanggal 27 November 2018. Amandemen yang diajukan oleh LDP (partai liberal) dan juga Partai Komei ini pada dasarnya berisi tentang pengendalian perluasan imigrasi tenaga kerja asing di Jepang. Keputusan ini pun banyak menuai kontroversi, sejumlah pihak oposisi masih tidak terima, bahkan berusaha membungkam mulut Ketua Komisi Hukum ketika membacakan persetujuan RUU tersebut.



Pihak oposisi masih beranggapan kondisi masyarakat Jepang sendiri masih memiliki kondisi ekonomi yang kurang baik. Dengan pengesahan amandemen ini dikhawatirkan permasalahan ketenagakerjaan di Jepang malah berubah menjadi buruk. Kemungkinan berkurangnya kontribusi tenaga kerja dari dalam negeri Jepang sendiri pun dapat berpengaruh terhadap perekonomian Jepang sendiri. Meningkatnya jumlah imigran tenaga kerja asing di Jepang juga akan memperbesar kemungkinan akulturasi atau pencampuran budaya. Pihak Oposisi juga mengkhawatirkan perbedaan culture serta bahasa asing yang akan berdampak tidak baik terhadap keaslian bahasa dan budaya negara Jepang itu sendiri.

RUU yang baru, membagi kelompok tenaga kerja asing ke dalam dua kategori. Kategori pertama, untuk mereka yang baru bekerja dalam jangka waktu maksimal 5 tahun, dan kategori kedua adalah untuk mereka yang telah bekerja selama lima tahun dan diperpanjang kontrak kerjanya sehingga memungkinkan mereka untuk memperoleh izin Tinggal permanen di jepang, serta memungkinkan mereka untuk membawa anggota keluarganya tinggal di Jepang.

Terlepas dari itu, persyaratan untuk menjadi tenaga kerja asing di Jepang pun kian diperketat. Penguasaan bahasa Jepang pun diharapkan memiliki kemampuan setara dengan level N3. Disamping itu, calon tenaga kerja asing juga diharapkan memiliki kemampuan/keahlian yang spesifik misalnya di bidang IT, pertanian, ataupun bidang keahlian khusus lainnya.

Selanjutnya apabila RUU tersebut telah di sah-kan oleh majelis tinggi Jepang, maka aturan tersebut sudah bisa dioperasikan pada sekitar April 2019. Sehubungan dengan itu Jepang juga berencana untuk membentuk organisasi khusus yang bertugas menyaring para calon tenaga kerja asing yang akan masuk jepang nantinya. Organisasi tersebut akan bekerjasama dengan kementrian terkait, untuk masalah perizinan imigrasi tenaga kerja asing seperti urusan visa dan lain lain.

So, kamu yang tengah berencana untuk bekerja dan melanjutkan study di Jepang, ada baiknya mulai mempersiapkan diri dengan terus belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa jepangnya, paling tidak sampai memiliki JLPT N3, supaya lebih mudah diterima untuk bekerja di jepang nantinya.






    Artikel (Berita Terbaru)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Mau kerja di Jepang ?! Segera persiapkan Diri ! Karena RUU Ketenagakerjaan Jepang yang baru telah disetujui Pihak Parlemen Jepang
      Komentar(0)