WaGoMu News

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Jepang (履歴書) | Part 2

Baca Dulu :
Menulis Resume / CV (Curriculum Vitae) atau "Daftar Riwayat Hidup" memang merupakan hal yang penting. Terlebih untuk kita yang saat ini tengah mencari/melamar pekerjaan. Fungsi dan manfaat dari CV sendiri adalah untuk menunjukkan latar belakang dan perjalanan hidup seseorang sehingga bisa dinilai bagaimana kelayakannya. CV tidak hanya dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan, tapi juga bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa, pelatihan, dan lain sebagainya.

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Jepang (履歴書) | Part 2


Suatu poin plus apabila kalian yang tinggal di Jepang atau ingin bekerja di Jepang dapat menguasai cara membuat CV dengan format bahasa Jepang ini. Selain menjadi poin plus, hal ini juga akan membantu kalian untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan Jepang yang diinginkan.

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa format CV dalam bahasa Jepang dikenal agak ‘kaku’ dan tidak seperti CV pada umumnya. CV tidak dilihat dari tampilan atau design nya yang bisa dibuat sesuka hati. Justru, di Jepang formatnya biasanya sama saja. Jadi, bagi kalian yang tinggal di Jepang dan ingin membuat CV, kalian bisa mencarinya di toko buku terdekat atau mendownload nya di File Resume (CV) alias 履歴書 dan tinggal di print.



Pada Part 1, kita sudah membahas cara membuat CV dalam Bahasa Jepang untuk bagian yang paling umum dan penting, yakni riwayat pendidikan. Kamu bisa baca ulang artikel part 1 nya disini Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Jepang (履歴書) | Part 1. Dan kali ini, WaGoMu akan lanjut membahas cara menulis format Resume atau CV dalam bahasa Jepang pada bagian keterampilan atau pendidikan non formal termasuk bagaimana cara menuliskan potensi dan ekspektasi yang kita miliki.

Karena pada part 1, kita sudah membahas dari poin 1 – 10, jadi yuk kita lanjut ke poin 11 dan kupas tuntas cara mengisinya satu persatu !

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Jepang (履歴書) | Part 2


11. Lisensi (免許) dan Kualifikasi (資格) bisa ditulis dengan lisensi dan kualifikasi yang bersertifikasi dan ada buktinya. Pada kolom paling kiri, tulis tahun mendapatkannya. Lalu kolom sebelahnya tulis bulan mendapatkannya. Dan kolom kanan yang lebar ditulis dengan lisensi atau kualifikasi yang kamu punya. Sebaiknya ditulis dengan nama lengkap resminya.
Contoh :
- 日本語能力試験 (にほんごのうりょくしけん) N2
(Nihongo Nōryoku Shiken/ Japan Language Proficiency) : apabila kamu memiliki sertifikat JLPT dan tulis level, dan lulus atau tidaknya.
- 国際運転免許証(こくさいうんてんめんきょしょう)
(Kokusai Unten Menkyoshou) : apabila kamu memiliki lisensi SIM Internasional.

12. Akses Stasiun terdekat (最寄り駅) diisi dengan stasiun terdekat dari tempat tinggalmu di Jepang. 線 (Sen) yaitu jalur dan 駅(Eki) yaitu ditulis dengan nama stasiunnya.

13. Jumlah tanggungan (扶養家族数) diisi berapa jumlah orangnya apabila kamu sudah berkeluarga (tapi pasanganmu tidak dihitung sebagai jumlah tanggungan).

14. Pasangan (配偶者). Lingkari salah satu, Ada (有) apabila sudah berkeluarga, atau Tidak Ada (無) jika masih lajang.

15. Tanggungan Pasangan (配偶者の扶養義務). Lingkari salah satu, Ada (有) apabila memiliki pasangan yang tidak bekerja atau Tidak Ada (無).

Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Jepang (履歴書) | Part 2


16. Keterampilan Khusus (特技) dan Hobi (趣味) diisi dengan keterampilan khusus yang kamu punya dan tulis hobimu. Kalau bisa, tulis keterampilan khusus serta hobi yang berkaitan dengan niatmu menulis CV agar bisa dipertimbangkan oleh pihak perusahaan, dan jangan lupa tulis dengan singkat, padat, dan sejelas mungkin.

17. Promosi Diri Sendiri (自己P R). Perkenalkan diri secara singkat. Dan tuliskan segala hal yang dapat menjadi daya tarik bagi perusahaan. Jabarkan apa yang sudah kamu raih dan capai selama ini.

18. Ekspektasi dan Harapan (本人希望記入欄) sebaiknya diisi dengan harapan ketika bekerja disana, berupa ekspektasi yang kamu inginkan. Misal kesempatan untuk menduduki posisi strategis, mendapatkan bonus, dipromosikan ke kantor pusat atau dikirim dinas ke luar negeri dan lain sebagainya.

Nah, itu dia cara menulis Resume/CV dengan format bahasa Jepang. Di part 2 ini, kita sudah membahas cara mengisi CV pada bagian keterampilan atau pendidikan non formal termasuk bagaimana cara menuliskan potensi dan ekspektasi yang kita miliki. Sekarang, kalian sudah bisa menulis CV dengan format bahasa Jepang, kan?








    Belajar Bahasa Jepang Otodidak di Youtube WaGoMu, Jangan Lupa SUBSCRIBE, mumpung GRATIS !!
    Artikel (Kerja di Jepang)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup (CV) dalam Bahasa Jepang (履歴書) | Part 2
      Komentar(0)